DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN PAI KURIKULUM MERDEKA DI MA NU MRANGGEN DEMAK
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Sultan Agung
Author
NABIL, ARIQUL IRFAN YUSAN
Subject
BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc 
Datestamp
2024-07-31 02:55:48 
Abstract :
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kebijakan di bidang pendidikan, khususnya di sektor Pendidikan Profesi Guru sebagai upaya integrasi penerapan Kurikulum Merdeka pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kombinasi dari studi kepustakaan dan studi lapangan, melibatkan anggota kelas XI MIA 2 Madrasah Aliyah Nahdhatul Ulama Mranggen sebagai objek penelitian lapangan. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Pendidikan Profesi Guru memberikan implikasi positif bagi guru dalam memahami struktur paradigma pembelajaran baru dan struktur kurikulum merdeka. Kemampuan guru dalam memahami konsep kurikulum yang berlaku merupakan salah satu kompetensi yang dapat membantu guru dalam menciptakan suasana kegiatan belajar mengajar yang ideal di kelas. Penelitian ini memiliki kesimpulan bahwa Pendidikan Profesi Guru merupakan salah satu upaya yang positif untuk mengintegrasikan program peningkatan kompetensi guru dengan implementasi kurikulum merdeka di jenjang pendidikan dasar dan menengah. Peningkatan kompetensi guru yang terjadi setelah guru mengikuti pendidikan profesi guru antara lain: memahami pengelolaan pembelajaran, penguasaan keilmuan, sikap atau kepribadian, interaksi sosial, dan kepemimpinan. Kata Kunci: analisis kebijakan; pendidikan profesi guru; kurikulum merdeka. 
Institution Info

Universitas Islam Sultan Agung