Institusion
Universitas Islam Sultan Agung
Author
KAMALIA, FARIKHATUL
Subject
BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Datestamp
2024-07-31 03:03:43
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kejenuhan belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, (2) faktor penyebab kejenuhan belajar Sejarah Kebudayaan Islam (3) strategi guru dalam mengatasi kejenuhan belajar Sejarah Kebudayaan Islam. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan pengumpulan data melalui observsi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan tahap reduction, data display dan verivication, kemudian uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) semangat belajar yang menurun dan kurang tertarik dengan pelajaran tersebut membuat peserta didik seperti melamun, mengantuk, tidur, bermain sendiri, bermalas-malasan dengan meletakan kepala di atas meja, berbicara dengan teman, jail mengganggu temannya, mencari kesibukan lain dengan mencoret-coret buku. (2) faktor penyebab kejenuhan belajar meliputi kelelahan fisik, lemah minat belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), metode pembelajaran yang monoton, jam pelajaran yang memasuki tidak mood lagi dalam belajar. (3) strategi guru dengan melihat terlebih dahulu materi yang akan disampaikan yang nantinya akan menentukan guru dalam memilih metode pembelajaran seperti metode arisan, mind mapping, diskusi dan tanya jawab. Selanjutnya memotivasi peserta didik sebelum pembelajaran dimulai, melakukan ice breaking kemudian memberikan hadiah dan hukuman kepada peserta didik.
Kata Kunci: kejenuhan belajar; sejarah kebudayan islam; strategi guru