DETAIL DOCUMENT
UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL CIRCUIT LEARNINGDI KELAS III SDNEGERI KARANGROTO 02
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Sultan Agung
Author
Giwanti, Tunggu Icha
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2018-01-19 03:06:33 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar mata pelajaran IPS melalui model pembelajaran Circuit Learning di kelas III SDN Karangroto 02, kecamatan Genuk, Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas sebanyak 3 siklus dengan 2 kali pertemuan disetiap siklusnya, dengan materi jenis-jenis mata uang. Subyek penelitian di kelas III dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Adanya peningkatan kreativitas dan prestasi belajar siswa terlihat siklus I prestasi ketuntasan 40%, kreativitas dengan presentase 61,09%, siklus II prestasi ketuntasan 68%, kreativitas dengan presentase81% dan disiklus III dengan kreativitas mencapai presentase 89,68% tergolong tinggi dan prestasi siswa mencapai 90% tuntas. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa model Circuit Learning dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa di kelas III SDN Karangroto 02. Kata Kunci : Kreativitas, Prestasi Belajar, Model Circuit Learning 
Institution Info

Universitas Islam Sultan Agung