DETAIL DOCUMENT
PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA VISUAL DI KELAS V SDN MUKTIHARJO LOR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Sultan Agung
Author
Fadilah, Zazuk
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2018-01-19 04:46:39 
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar PKn melalui model kooperatif tipe Group Investigation berbantuan media visual di kelas V SDN Muktiharjo Lor. Jenis penelitian ini adalah PTK sebanyak dua siklus, setiap 1 siklus ada 2 kali pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas VC SDN Muktiharjo Lor berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes evaluasi, angket motivasi, observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I hasil evaluasi memperoleh nilai rata-rata 72 dan ketuntasan klasikal 73,00%,dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 80,23 dan ketuntasan klasikal 88,47%. Adanya peningkatan motivasi siswa yang ditunjukan dengan peningkatan motivasi belajar pada setiap siklusnya. Pada siklus I mendapatkan rata-rata 71,71 dengan presentase 74,58% dengan ketegori termotivasi. Pada siklus II mendapat rata-rata 95,08 dengan presentase 91,42% dengan kriteria sangat termotivasi. Pada kegiatan aktivitas guru pada siklus I memperoleh presentase 67,00% dengan kriteria baik, siklus II memperoleh presentase 87,50% dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa siklus I memperoleh presentase 74,00% dengan kriteria baik, siklus II memperoleh presentase 89,00% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe Group Investigation berbantuan media visual dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar PKn siswa di kelas V SDN Muktiharjo Lor. Kata Kunci: Motivasi dan Prestasi Belajar PKn, Model Kooperatif Tipe Group Investigation dan Media Visual 
Institution Info

Universitas Islam Sultan Agung