DETAIL DOCUMENT
PENINGKATAN KERJA KERAS DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE BERBANTUAN MEDIA VISUAL KELAS V SD NEGERI KALISARI 3
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Sultan Agung
Author
Wijayanti, Zunita Eka Putri Siti
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2018-01-19 04:47:10 
Abstract :
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pembahasan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Kalisari 3 yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dokumentasi dan tes. Adanya peningkatan kerja keras ditunjukkan dengan peningkatan indikator kerja keras siswa dalam setiap siklusnya. Pada siklus I memperoleh skor sebanyak 1105 dengan presentase 85% termasuk kriteria kerja keras baik. Pada siklus II memperoleh skor sebanyak 1125 dengan presentase 86,5% termasuk kriteria kerja keras sangat baik. Adanya peningkatan prestasi belajar pada setiap siklusnya. Pada siklus I dengan nilai rata-rata 83,7 dan presentase ketuntasan kelas 80,77%. Pada siklus II dengan nilai rata-rata 83,10 dan presentase ketuntasan kelas 96,15%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model word square berbantuan media visual dapat meningkatkan kerja keras dan prestasi belajar PKn di kelas V SD Negeri Kalisari 3. Kata Kunci : Kerja Keras, Prestasi Belajar, Word Square 
Institution Info

Universitas Islam Sultan Agung