DETAIL DOCUMENT
ANALISIS INTERLOCKING PAVING BLOCK BENTUK HEXAGONAL DENGAN METODE FINITE ELEMENT 3D PROGRAM SAP 2000
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Sultan Agung
Author
Nugroho, Eko Ngudi
Rahadian. M, Ravendra
Subject
TA Engineering (General). Civil engineering (General) 
Datestamp
2018-01-23 05:26:03 
Abstract :
Seiring dengan kemajuan konstruksi dibidang perkerasan jalan, kebutuhan akan kenyamanan jalan untuk saat ini sangat didambakan bagi pengguna jalan. Tidak hanya perkerasan jalan lentur dan perkerasan jalan kaku, perkerasan jalan paving block atau Concrete Block Pavement (CBP) mulai banyak diperhitungkan sebagai konstruksi pada jalan. Sudah ada banyak bentuk dari paving block, seperti rectangle, U-Norm, TriHex, Hexagonal, Grassblock, dan lain-lain. Permasalahan yang mempengaruhi konstruksi paving block diantaranya ukuran paving block, kekuatan paving block, ketebalan paving block , dan jarak antar sambungan. Diyakini dengan bentuk paving block hexagonal dapat mengurangi faktor permasalahan konstruksi tersebut. Dengan menganalisa beberapa model dengan metode finite element 3Dprogram SAP2000 yang bertujuanuntuk mengetahui kekuatan lendutan yang terjadi. Dalam menganalisis bentuk paving block hexagonal, metodologi penelitian dimulai dengan study pustaka, dan analisis perhitungan menggunakan SAP2000, Finite Element 3D,Interlocking, dan pola pemasangan. Analisa hasil output SAP2000 dari beberapa model yang sudah dibuat adalah pada paving block hexagonal tebal 6 cm K400 dengan beban 7 ton besar lendutan yang terjadi 0,996674 cm, untuk paving block hexagonal tebal 8cm K400 dengan beban 7 ton bessar lendutan sebesar 0,63861 cm, sedangkan paving block hexagonal tebal 10 cm K400 dengan beban 7 ton terjadi lendutan sebesar 0,427801 cm. 1. Dapat terlihat semakin besar beban yang diterima oleh paving block hexagonal maka lendutan yang terjadi akan semakin besar. Tetapi jika paving block semakin tebal, dan memiliki kuat tekan yang tinggi, makan lendutan akan semakin berkurang. Hal itu terjadi karena semakin tebal dan semakin tinggi kuat tekan paving block hexagonal maka gesekan yang terjadi semakin besar, jadi interlocking pada paving block juga semakin kecil. Begitu pula pada waktu hujan, semakin besar gesekan yang terjadi maka air yang masuk ke dalam sambungan akan semakin sedikit sehingga mengurangi interlocking pada paving block hexagonal. Kata Kunci : lendutan, finite element 3D, interlockingdan paving hexagonal 
Institution Info

Universitas Islam Sultan Agung