DETAIL DOCUMENT
ANALISA DISTRIBUSI PRODUK MENGGUNAKAN DISTRIBUTION REQUIREMENT PLANNING UNTUK MENGURANGI KELEBIHAN PERSEDIAAN DAN ANALISA BULLWHIP EFFECT (Studi Kasus : Perusahaan Jenang Sinar Fadhil Kudus)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Sultan Agung
Author
SETIAWAN, M. URFI
Subject
T Technology (General) 
Datestamp
2018-01-30 01:53:10 
Abstract :
Perusahaan Jenang Sinar Fadhil adalah salah satu perusahaan industri makanan yang didirikan oleh bapak Muh. Yusuf pada tahun 1988 yang berkembang sampai sekarang dikota Kudus Desa Kaliputu Gg. VII/ Rt 1/1 Jawa Tengah Indonesia. Dengan pendistribusian produk saat ini perusahaan jenang sinar fadhil masih menerapkan sistem distribusi sederhana dengan melakukan distribusi produk sesuai permintaan retailer / agen tanpa memperhitungkan biaya. berdasarkan data order dari retailer ke perusahaan dan data permintaan di retailer bahwa bullwhip effect struktur saat ini disetiap retailer relatif stabil karena fluktuatif permintaan tidak terlalau tinggi karena order retailer ke perusahaan jenang sinar fadhil relatif order / bulan sama. Analisa kebijakan persediaan awal di perusahaan jenang sinar fadhil mengalami total biaya yang sangat tinggi dan retur produk (pengembalian produk) yang sangat banyak dengan masing ? masing di retailer mempunyai total biaya terutama di retailer toko damas sebesar Rp 2.563.450, toko enggal makmur Rp 2.318.250, toko inayah Rp 1.817.500, toko mubarok Rp 1.815.000, dan yang terakhir toko berkah Rp 1.117.000. Penelitian ini bertujuan untuk mampu merencanakan penjadwalan yang terencana dengan menurunkan biaya persediaan karena tidak ada retur. Metode yang digunakan ialah Distribution Reequirement Planning (DRP) dan bullwhip effectt. Metode yang akan digunakan adalah Distribution Requirement planning (DRP) dan bullwhip effect ini digunakan untuk menangani pengadaan persediaan dalam suatu jaringan distribusi multi - ec helon. Distribution Requirement Planning lebih menekankan pada aktivitas penjadwalan dari pada aktivitas pemesanan. dan mengetahui fluktuatif permintaan di tingkat level retailer. Hasil dari penelitian ini adalah order sesuai kebutuhan konsumen Bullwhip Effect naik karena permintaan retailer fluktuatif tetapi mampu menurunkan biaya persediaan karena tidak ada retur produk, dengan masing ?masing penghematan ditiap retailer (permintaan konsumen) sebagai berikut toko damas 95,5%, toko enggal makmur 94,9%, toko inayah 93,4%, toko mubarok 94,2%, dan yang terakhir toko berkah sebesar Rp 89,9%. Kata Kunci: Perusahaan Jenang Sinar Fadhil, bullwhip effect, Distribution Requirement Planning (DRP) 
Institution Info

Universitas Islam Sultan Agung