DETAIL DOCUMENT
Pemilihan Strategi Pemasaran Pada UD. Makmur Jaya Dengan Menggunakan Metode Analytical Network Process (ANP) Dan Tecnique For Order Preference by Similarity to an Ideal Solution (TOPSIS)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Sultan Agung
Author
Riskan, Dody Maries
Subject
T Technology (General) 
Datestamp
2018-01-30 01:53:45 
Abstract :
UD. Makmur jaya adalah salah satu usaha yang terletak di Jl. Malangsari Raya No.25 Semarang. UD. Makmur jaya bergerak di bidang pembuatan produk furniture. Produk mebel yang biasanya dibuat adalah pintu, jendela, kusen, dan lemari. Dengan banyaknya competitor lain yang bergerak pada bidang furniture menjadikan penjualan produk yang ada pada UD. Makmur jaya tidak meningkat secara signifikan setiap tahunnya. Hal ini mengindikasikan bahwa UD. Makmur Jaya belum mempunyai strategi pemasaran yang optimal dalam mendukung kelanjutan bisnis UD. Makmur jaya. Sehingga dibutuhkan pemilihan strategi pemasaran yang optimal bagi UD. Makmur jaya. Oleh karena itu, perlu adanya suatu pemilihan strategi pemasaran pada UD. Makmur jaya dengan melihat kriteria-kriteria yang mempengaruhi dalam proses pemilihan strategi pemasaran dengan menggunakan metode Analitycal Network Process (ANP) dan Metode Tecnique For Order Preference by Similarity to an Ideal Solution (TOPSIS).Analitycal Network Process (ANP)adalah salah satu metode dari MCDM yang dapat digunakan untuk menstrukturkan dan memecahkan permasalahan pengambilan keputusan. Sedangkan TOPSIS adalah metode yang memiliki prinsip dasar yaitu bahwa alternatif yang terpilih haruslah memiliki jarak terdekat dari solusi ideal dan jarak terjauh dari solusi negatif ideal. Dalam peneltian ini yang pertama dilakukan adalah melakukan pembagian kuisioner hubungan subkriteria untuk metode ANP pada ahli (pemilik UD. Makmur jaya). Setelah melakukan pembagian kuisioner hubungan subkriteria dilanjutkan dengan membuat bagan ANP, membuat matrik perbandingan berpasangan, perbadnigan berpasangan diisi oleh ahli (pemilik UD. Makmur jaya). Setalah itu melakukan perhitungan pembobotan dari hasil perbandingan berpasangan, selanjutnya membuat unweighted supermatrik, weighted supermatrik, dan limiting supermatrik. Hal yang kedua dilakukan dalam penelitian ini adalah membagikan kuisioner judgment pada ahli (pemilik UD. Makmur jaya) untuk metode TOPSIS, setelah itu mengkalkulasikan matrik keputusan normalized, mengkalkulasikan matriks keputusan weighted normalized, menetukan solusi ideal positif dan solusi ideal negatif, dan melakukan perhitungan menggunakan jarak euclidean n-dimensi, mengkalkulasikan tingkat relatif jarak kesolusi ideal, dan yang terakhir perankingan berdasarkan urutan. Dalam penelitian ini Alternatif strategi pemasaran yang terpilih berdasarkan metode TOPSIS dalam strategi generik Porter adalah bahwa strategi cost leadership yang terpilih untuk digunakan di UD. Makmur jaya. Dan berdasarakan perankingan subkriteria yang dilakukan pada metode ANP menunjukkan bahwa subkriteria manajemen operasi yang memiliki bobot paling tinggi, sehingga manajemen operasi memiliki pengaruh besar untuk subkriteria sumber daya pemasaran lainnya. Serta sebagai penunjang strategi cost leadership. Kata kunci: UD. Makmur jaya, Pemilihan Strategi Pemasaran, ANP, TOPSIS 
Institution Info

Universitas Islam Sultan Agung