Abstract :
Latar belakang: Supervisi kepala ruang berfungsi dalam pengarahan yang berperan untuk mempertahankan agar kegiatan yang telah terprogram dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada hubungan supervisi kepala ruang terhadap kinerja pembimbing klinik dalam penerapan profesionalisme mahasiswa S1 keperawatan
Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode observasional dengan pendekatan cross sectional. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan lembar observasi. Jumlah responden sebanyak 44 pembimbing klinik dengan teknik total sampling. Data yang diolah secara deskriptif dan menggunakan uji spearman.
Hasil: Hasil analisa diperolah bahwa dari 44 responden, sebagian besar memiliki karakteristik umur 31 ? 35 tahun sebanyak18 responden 40,9%,jenis kelamin perempuan sebanyak 31 responden 70,5%, dan berpendidikan D3 keperawatan sebesar 22 responden 50%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa supervisi kepala ruang berada dalam ktegori cukup (61,4%), dan kinerja pembimbing klinik berada dalam ktegori baik (59,1%). Penelitian ini menujukan hasil adanya hubungan supervisi kepala ruang dengan kinerja pembimbing klinik dengan p value 0,00 dan correlation coefficient 0,565.
Simpulan dan Saran: Adanya hubungan supervisi kepala ruang dengan kinerja pembimbing klinik.Hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan supervisi kepala ruang yang lebih baik bagi pembimbing klinik maupun mahasiswa yang dibimbing.
Kata Kunci : Supervisi, kinerja,pembimbing klinik.