Abstract :
Latar Belakang: Prestasi belajar dapat ditingkatkan melalui peningkatan motivasi belajar. Faktor dukungan keluarga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa oleh karena itu perlu diteliti hubungan dukungan keluarga dengan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dukungan keluarga siswa,motivasi belajar siswa dan hubungan antara dukungan keluarga dengan motivasi belajar.
Metode: penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 69 responden, diberikan angket untuk pengumpulan data kemudian data analisis dengan menggunakan analisis Chi Square.
Hasil: karakteristik responden sebagian besar berusia 16-17 tahun sebanyak 40 siswa. Jenis kelamin sebagian besar berjenis kelamin perempuan sebanyak 44 responden. Dukungan keluarga termasuk dalam kategori tinggi yaitu frekuensi jawaban responden sebnayak 33 siswa. Hasil Uji Chi Square didapatkan hasil p value 0,036.
Simpulan: Ada hubungan yang signifikan antara dukungan keluarga dengan motivasi belajar siswa.
Kata kunci: Dukungan Keluarga, Motivasi Belajar, Siswa