DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KONSEP DIRI PADA REMAJA DI SMP N II GROGOL DEMAK
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Sultan Agung
Author
SUCININGSIH, SUCININGSIH
Subject
RT Nursing 
Datestamp
2018-01-30 08:59:16 
Abstract :
Latar Belakang: Siswa dapat melakukan penyesuaian sosial yang baik, maka di perlukan kecerdasan emosional sebagai salah satu faktor pembentuk kemampuan penyesusian sosial. Semakin tinggi kecerdasan emosional siswa semakin tinggi pula tingkat penyesesuaian siswa. Konsep diri merupakan salah satu dasar membentuk tingkah laku siswa. Perubahan perilaku dan psikologis remaja ditandai dengan adanya ketegangan emosi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Konsep Diri pada Remaja di SMP Negeri II Grogol Demak. Metode :Penelitian ini menggunakan pendekatan Cross Sectional.Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan total sampling, dimana pengambilan sampel sama dengan jumlah populasi 131. Untuk mengetahui hubungan variabel, peneliti menggunakan statistik Nonparametrik dengan uji somer Hasil :Berdasarkan hasil penelitian sebanyak Siswa yang mempunyai kecerdasan emosional tinggi dengan konsep diri tinggi terdapat 74 responden 56,5% siswa. Responden yang mempunyai kecedasan emosional rendah terdapat 13 responden 9,9%.Siswa dengan konsep diri tinggi terdapat 85 responden 64,9% dan konsep diri rendah terdapat 2 responden 1,5% responden. Kesimpulan :menggunakan korelasi Rank Spearman didapatkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,781 dengan nilai p sebesar 0,000 (P< 0,05), sehingga dinyatakan ada hubungan bermakna antara antara kecerdasan emosional dan konsep diri pada siswa meningkat SMP Negeri II Grogol Demak. Nilai korelasi sebesar 0,781 menunjukkan adanya hubungan yang tinggi antara kedua variabel. Kata kunci :Kecerdasan emosional, Konsep Diri, Remaja 
Institution Info

Universitas Islam Sultan Agung