DETAIL DOCUMENT
RE-BRANDING KOPI PENGONONG DESA BATU KUMBUNG -LOMBOK BARAT
Total View This Week3
Institusion
STMIK Bumi Gora
Author
PURNAMA, BHAYU JULIAN
Subject
TT Handicrafts Arts and crafts 
Datestamp
2021-08-31 06:02:01 
Abstract :
ABSTRAK Kopi menjadi bentuk tradisi menarik minat masyarakat, khususnya untuk menjadi sebuah peluang bisnis yang menjanjikan. Bisnis kopi tidak dipandang sebelah mata, karena minat masyarakat akan cita rasa kopi nusantara lebih banyak. Usaha kopi di berbagai pelosok negeri ini sudah mulai menjamur, salah satunya Kopi Pengonong yang terletak di Dusun Pengonong, Desa Batu Kumbung, Kec. Lingsar, Kab Lombok Barat yang membuat atau mengolah produk minuman kopi Tradisional. Akan tetapi, keberadaan Kopi Pengonong belum banyak masyarakat luas mengenalnya. Hal demikian, dikarenakan kurangnya sentuhan branding yang komunikatif. Permasalahan dalam tulisan ini adalah tentang bagaimana bentuk Re-branding Kopi Pengonong agar dapat dikenal masyarakat luas. Tujuannya untuk memberikan gambaran tentang re-branding sebuah usaha kopi serta sangat efektif dalam mendorong kemajuan usaha serta meningkatkan hasil penjualan.. Metode yang digunakan adalah design thinking dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan studi pustaka. Hasil re-branding berupa logo kopi yang mengkomunikasikan sebuah cita rasa yang khas dari dusun Pengonong, desa Batu Kumbung, kecamatan Lingsar. Proses perancangan terdiri dari : Penjaringan ide, pembuatan sketsa, pembuatan lay out dan pewarnaan di computer, dan proses pencetakan. Media utama penerapan branding kopi terletak pada desain kemasan sedangkan media pendukung terdiri dari Pin, Gantungan kunci, Clemek, Baju, Woody Bag, Dan Mug . Kata-kata kunci : Re-branding, Kopi, Batu Kumbung, Tradisional, Lombok 
Institution Info

STMIK Bumi Gora