DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN METODE CENTROID LINKAGE HIERARCHICAL METHOD (CLHM) DAN FP-GROWTH UNTUK ANALISIS DATA PENJUALAN BUKU (Studi Kasus: CV. Kurnia Setia)
Total View This Week1
Institusion
STMIK Bumi Gora
Author
Riberu, Regina Aprilia
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-02-26 02:08:37 
Abstract :
ABSTRAK CV. Kurnia Setia merupakan salah satu usaha di Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang bergerak di bidang perdagangan buku. CV tersebut menjual berbagai jenis buku cetak termasuk buku pelajaran SD, SMP dan SMA. Proses jual beli buku secara langsung pada CV. Kurnia Setia berkaitan erat dengan promosi dan penempatan buku pada etalase. Manajemen promosi dan penempatan buku pada etalase di CV tersebut belum sesuai dengan perilaku belanja konsumen. Penyebab hal tersebut dikarenakan kurangnya manajemen produk. Dalam transaksi penjualan buku, rekap data penjualan buku hanya disimpan dalam penyimpanan komputer. Data penjualan buku tersebut sebenarnya menyimpan informasi penting yang dapat analisis untuk mengetahui pola perilaku belanja konsumen. Penelitian ini menggunakan kombinasi dua metode yaitu Centoid Linkage Hierarchical Method (CLHM) dan FP-Growth. Metode CLHM berguna untuk clustering data, sedangkan metode FP-Growth berguna untuk proses asosiasi. Penelitian ini menggunakan data 24 kategori item dari data penjualan buku pada toko CV.Kurnia Setia tahun 2021 selama 5 bulan. Dataset yang digunakan sebanyak 860 transaksi, output yang dihasilkan berupa rule rekomendasi item-tem yang sering dibeli secara bersamaan dan diimplementasikan dalam sistem berbasis web bagi CV.Kurnia Setia. Berdasarkan percobaan pencarian aturan asosiasi yang terdiri dari 3 cluster dengan nilai minimum support 20% dan nilai minimum confidence 80%, diperoleh hasil bahwa ditemukan aturan asosiasi sebanyak 2 rules pada cluster 1, pada cluster 2 ditemukan 10 rules, dan cluster 3 ditemukan 33 rules. Sedangkan pada percobaan dengan menggunakan nilai minimum support 50% dan minimum confidence 80% diperoleh hasil bahwa aturan asosiasi hanya ditemukan pada cluster 3 sebanyak 2 rules. Metode FP-Growth terhadap data yang terklaster dengan memberikan nilai minimum support 20% dan confident 80% menghasilkan aturan asosiasi sebanyak 45 rules dengan lift ratio > 1. Berdasarkan association rule yang telah terbentuk pada tiap cluster diketahui bahwa terdapat 9 kategori buku yang sering dibeli oleh pelanggan pada CV.Kurnia Setia yaitu produk pendidikan dasar, persiapan ujian, pengembangan diri, sejarah, hukum, peternakan, komik, majalah, dan Home & living. 
Institution Info

STMIK Bumi Gora