Abstract :
Pendidikan formal yang tepat merupakan hal yang sangat penting dalam
hidup. Pendidikan ditingkat SMA atau sederajat merupakan salah satu pendidikan
formal yang ditempuh hampir seluruh masyarakat di Indonesia. Salah dalam
penentuan jurusan di SMA akan menyebabkan masalah dikemudian hari.
Permasalahan yang timbul adalah susahnya siswa untuk mengikuti pembelajaran
di masing – masing jurusan, kesulitan pengambilan jurusan di tingkat pendidikan
selanjutnya, dll. Selain dari pihak siswa, sekolah juga mengalami kesulitan untuk
menentukan jurusan bagi tiap siswa dengan jumlah siswa yang sangat banyak.
Solusi yang bisa diambil untuk penentuan jurusan ini dengan menggunakan
metode pada data mining yaitu K-Means.
Perancangan dan pembuatan sistem ini menggunakan metodologi
Waterfall, yang dimana metodologi ini dimulai dengan menganalisa kebutuhan
pada sistem, mendesain rancangan sistem, membangun sistem, dan melakukan
testing pada sistem yang telah dibuat .
Hasil yang dicapai yaitu dihasilkannya sebuah sistem untuk menentukan
penjurusan pada SMAN 3 Mataram menggunakan metode k-means yang
mempermudah pihak sekolah dan siswa untuk menentukan jurusan dan agar dapat
meminimalisir kemungkinan salah dalam penjurusan.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah sistem ini dapat membantu pihak
SMAN 3 Mataram baik siswa maupun staff dalam penentuan jurusan.