DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN OBJEK 3 DIMENSI PADA BUKU KIMIA BERBASIS AUGMENTED REALITY SMA NEGERI 1 PLAMPANG
Total View This Week0
Institusion
STMIK Bumi Gora
Author
NURMAWATI, NURMAWATI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-08-28 01:38:52 
Abstract :
Majunya perkembagan teknologi di era yang makin berkembang sehingga kebutuhan akan teknologi semakin menigkat. Teknologi yang telah merambah ke seluruh sektor seperti sektor ekonomi, Kesehatan atau medis, adat, serta Pendidikan membuat kebutuhan akan teknologi semakin tinggi. Pada zaman yang berkembang seperti sekarang ini tidak sedikit sekolah yang masih memiliki keterbatasan atau kekurangan media pembelajaran. Sehingga dibutuhkan teknologi untuk menunjang proses pembelajaran agar dapat lebih mudah bagi siswa untuk belajar baik secara daring ataupun luring. Penelitian kali ini bertujuan untuk pembuatan dan penambahan media pembelajaran berbasis Augmented Reality di SMA Negeri 1 Plampang. Media pembelajaran yang dibuat merupakan aplikasi belajar praktikum Kimia menggunakan platform Android yang akan diterapkan di dalam buku paket Kimia siswa kelas X-IPA SMA Negeri 1 Plampang. Teknologi Augmented Reality memungkinkan penggabungan dunia maya dan dunia nyata secara Realtime. Sehingga akan mampu memberikan pengalaman belajar secara nyata. Dengan diterapkannya Augmented Reality ini pada buku paket Kimia maka siswa akan dapat mengenal alat-alat praktikum Kimia yang ditampilkan melaui aplikasi tanpa perlu melihat langsung ke dalam laboratorium Kimia. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, desain, development, Implemtasi, dan evaluasi. Dengan metode tersebut akan menghasilkan output atau keluaran berupa aplikasi berbasis Android yang menggunakan teknologi Augmented Reality untuk menampilkan objek 3D alat-alat praktikum Kimia. Untuk pengujian terhadap aplikasi yang telah dibuat dilakukan berupa validasi atau uji coba pengguna yaitu oleh siswa. Untuk melakukan pengujian kelayakan suatu media edukasi, peneliti melakukan pengujian terhadap siswa kelas X-IPA 1 di SMA Negeri 1 Plampang dengan menguji 10 responden yang berisfat homogen yang akan mewakili 31 siswa di dalam kelas X-IPA 1. Pengumpulan data uji menggunakan pengujian Interpretasi kelayakan multimedia pembelajaran yang dikemukakan oleh Sriadhi pada tahun 2018. Berdasarkan hasil kuisioner atau angket yang telah diberikan kepada responden, sehingga didapatkan hasil bahwa aplikasi yang telah dibuat layak serta dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran yang akan digunakan di SMA Negeri 1 Plampang pada mata pelajaran Kimia kelas X-IPA BAB 1. Aplikasi belajar Kimia berbasis Augmented Reality dapat memudahkan siswa belajar terkait materi yang terdapat diaplikasi diakses di rumah dan di smartphone masing-masing siswa tanpa perlu ke ruang laboratorium secara langsung. 
Institution Info

STMIK Bumi Gora