DETAIL DOCUMENT
SEGMENTASI PROMOSI PMB UNIVERSITAS BUMIGORA MENGGUNAKAN MODEL RFM DAN ALGORITMA K-MEANS
Total View This Week2
Institusion
STMIK Bumi Gora
Author
PUJI LESTARI, INDAH
Subject
Q Science (General) 
Datestamp
2021-05-28 02:55:35 
Abstract :
Salah satu strategi promosi atau sosialisasi yang digunakan pihak PMB Universitas Bumigora untuk menjaring calon mahasiwa baru adalah mendatangi sekolah-sekolah yang ada di lombok maupun luar wilayah lombok dengan membentuk tim promosi dan koordinator wilayah. Permasalahan yang terjadi selama ini yaitu kesulitan panitia PMB Universitas Bumigora Mataram untuk menentukan skala prioritas daftar sekolah menengah atas yang perlu dikunjungi untuk sosialisasi. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah implementasi model RFM dan algoritma K-Means untuk pengelompokan sekolah yang memiliki potensi dalam perekrutan calon mahasiswa baru Universitas Bumigora sehingga dapat diprioritaskan dalam promosi oleh panitia PMB. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan, tedapat 3 cluster yang terbentuk yaitu cluster 2 terdapat 127 sekolah dengan persentase 34.8 % yang sangat di prioritaskan sebagai sasaran promosi karena memiliki peluang terbesar untuk mendaftarkan diri ke Universitas Bumigora, cluster 1 terdapat 91 sekolah dengan persentase 24.9% yang diprioritaskan sebagai sasaran promosi karna mendaftar pada tahun terbaru sehingga berpeluang mendaftar tahun selanjutnya, dan cluster 3 terdapat 147 sekolah dengan persentase 40.3% sekolah yang kurang diprioritaskan sebagai sasaran promosi karena memiliki peluang yang rendah untuk mendaftarkan siswanya ke Universitas Bumigora. 
Institution Info

STMIK Bumi Gora