Abstract :
Instagram adalah media sosial yang populer digunakan remaja. Peneliti terdahulu menyatakan bahwa media sosial instagram dapat menjadi wadah untuk melakukan social comparison dalam mengevaluasi diri yang mempengaruhi penilaian diri yang baik atau buruk. Social comparison adalah perilaku membandingkan diri dengan orang lain untuk mendapatkan hasil yang akurat mengenai diri. Self esteem adalah penilaian baik atau buruk terhadap diri secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh social comparison terhadap self esteem pada remaja akhir pengguna media sosial instagram.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi satu prediktor. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan kuesioner yang berisi instrumen. Instrumen yang digunakan untuk mengukur variabel social comparison adalah skala Iowa-Netherlands Comparison Orientation Scale Measure (INCOM) yang diciptakan oleh Gibbons & Buunk (1999), dan untuk mengukur variabel self esteem menggunakan Self Liking and Competence Scale Revised (SLCS-R) yang diciptakan oleh Tafarodi & Swann (2001). Sampel dalam penelitiam ini adalah 246 remaja akhir yang berdomisili di DKI Jakarta dan aktif menggunakan instagram.
Hasil penelitian menunjukkan F hitung = 5,321 dan nilai p= 0,022 < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara social comparison terhadap self esteem pada remaja akhir pengguna media sosial instagram. Hasil penelitian menunjukkan nilai R Square = 0,21 yang berarti bahwa pengaruh social comparison sebesar 2,1% terhadap self esteem pada remaja akhir pengguna media sosial instagram.
Instagram is a popular social media used by adolescence. Previous researchers stated that instagram can be a place to do social comparisons in self-evaluation that affects good or bad self assessment. Social comparison is the behavior of comparing ourself with others to get accurate results about self. Self esteem is a good or bad assessment of whole self. This study aims to determine the impact of social comparison on self-esteem in late adolescent users of Instagram.
This research uses quantitative research methods with one predictor regression analysis technique. Data collection techniques in research using a questionnaire that contains the instrument. The instrument used to measure social comparison variable is the Iowa-Netherlands Comparison Orientation Scale Measure (INCOM) scale created by Gibbons & Buunk (1999), and to measure self-esteem variable using the Self Liking and Competence Scale Revised (SLCS-R) created by Tafarodi & Swann (2001). The sample in this research is 246 late adolescents who live in DKI Jakarta and actively use instagram.
The results showed that F value = 5.321 and p value = 0.022 < 0.05, that mean there is a significant impact between social comparison on self-esteem in late adolescent on Instagram social media users. The results showed the value of R Square = 0.21 which means that the impact of social comparison is 2.1% on self esteem in late adolescents on instagram social media users.