Abstract :
Strategi Pengelolaan Program Dakwah Radio Jakarta Islamic Centre Di Era Globalisasi. Skripsi: Konsentrasi Komunikasi Penyiaran Islam, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2020.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengelolaan program dakwah apa saja yang digunakan oleh Radio Jakarta Islamic Centre dalam menghadapi era globalisasi dan bagaimana bentuk penerapan strategi pada pengelolaan program dalam menyampaikan dakwah.
Teori dasar yang digunakan dalam penelitian ini meliputi, 1) strategi pengelolaan program dakwah melalui radio, 2) dakwah radio saat ini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis deksriptif guna menganalisa perihal strategi apa yang digunakan dalam pengelolaan program dakwah di Radio Jakarta Islamic Centre.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi yang digunakan pada pengelolaan program dakwah oleh Radio Jakarta Islamic Centre berhasil dalam menjaga eksistensinya di era globalisasi, yang secara khusus dilakukan pada tahap perencanaan melalui analisa faktor internal dan eksternal dari Radio JIC itu sendiri. Kemudian terdapat rekrutmen pada bagian pengelola Radio melalui JIC Broadcasting School, bekerjasama dengan pemerintah, serta pencarian ide dan gagasan pada proses pra produksi. Selanjutnya tahap pelaksanaan terdapat pengorganisasian dan pengarahan yang dilakukan demi berjalannya proses produksi dengan baik, serta penilaian dan evaluasi dengan mengadakan rapat pasca produksi yang ditambahkan dengan pemantauan media sosial, kegiatan off air dan survey ke radio lain sebagai bentuk pengawasan terhadap Radio JIC itu sendiri. Hal ini dilakukan supaya terjadi kesesuaian dengan segmentasi para pendengar dan eksistensi dari Radio JIC tetap terjaga.
The Strategy Management of the Jakarta Islamic Center Da'wah Radio Program in Globalization Era. Thesis: Concentration of Islamic Broadcast Communication, Study of Islamic Education, Faculty of Social Sciences, State University of Jakarta, 2020.
This research aims to discover and analyze what strategies are used by the Jakarta Islamic Center Radio in maintaining its existence and how the forms of applying the strategy in delivering da'wah in the management of program. The author describes all the data obtained through observation, interviews, study text programs, and data needed in research. Method used in this reseach is a qualitative method using descriptive analysis method in order to analyze the strategies used in the management of da'wah programs at the Jakarta Islamic Center Radio in maintaining its existence. The basic theories used in this research include, 1) The strategy of preaching program management through radio, 2) Preaching in the current situation. The concludes in the research that the strategy used in the management of the da'wah program by Radio Jakarta Islamic Center was successful in maintaining its existence, which was specifically carried out at the planning stage through an analysis of internal and external factors from Radio JIC itself. Then there is the recruitment of radio management through JIC Broadcasting School, JIC in collaboration with the government, and looking for ideas in the pre-production process. Furthermore, the implementation stage consists of organizing and directing for the sake of the production process, as well as assessment and evaluation by holding post-production meetings which are added to off-air activities and surveys to other radios as supervision of JIC Radio itself. All processes are carried out in order that conform with the segmentation of the listeners and the existence of JIC Radio is maintained.