Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman matematika melalui metode inkuiri pada siswa kelas IV SDS Laboratorium PGSD FIP UNJ, Jakarta Selatan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV pada semester I tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 22 siswa. Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus dari Kemmis dan Mc. Taggart dengan empat tahap pada setiap siklusnya, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengambilan data melalui hasil pemantau tindakan, dan tes soal evaluasi pemahaman matematika. Hasil peningkatan pemahaman matematika yang diperoleh pada siklus I adalah 59%, siklus II adalah 68%, siklus III adalah 77%, dan siklus IV adalah 91%. Adapun persentase rata-rata data pemantau tindakan siklus I adalah 63,5%, siklus II adalah 76,5%, siklus III adalah 95%, dan siklus IV adalah 100%. Implikasi dari penelitian ini adalah penggunaan metode inkuiri pada pelajaran matematika dapat dijadikan salah satu metode alternatif untuk meningkatkan pemahaman matematika siswa kelas IV di SDS Laboratorium PGSD FIP UNJ, Jakarta Selatan.