Abstract :
Penelitian ini berlatar belakang pada permasalahan remaja saat ini yang
menghadapi Covid-19 mencari hiburan di rumah dengan aplikasi TikTok
khususnya konten Dance Challenge. Keaslian penelitian lain yang serupa,
ditemukan memiliki hasil akhir persepsi negatif. Penelitian ini memberikan hasil
akhirnya yang memberikan pernyataan persepsi positif terutama pada konten Dance
Challenge. Tujuannya adalah untuk mengetahui persepsi pengguna TikTok dengan
Dance Challenge di aplikasi TikTok. Untuk mengetahui atensi dari video Dance
Challenge. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei deskriptif
dengan teori yang digunakan yaitu persepsi, remaja, media sosial. Populasi yang
digunakan adalah pengguna TikTok berdasarkan keaktifan akun pada bulan
Desember 2019 hingga Juni 2020 dengan menggunakan hastag atau tagar
#DanceChallengeIndonesia, #DanceIndonesia, #anysongchallengeindonesia,
#dancechallengetiktok pada akun-akun teratasnya. Sampel ditentukan berdasarkan
rumus Slovin dengan teknik simple random sampling. Sampel yang diperoleh
sebanyak 171 pengguna.
Dari 171 responden, terdapat 89% responden yang menjawab setuju dan
sangat setuju pada butir indikator atensi yang diberikan oleh peneliti bahwa video
Dance Challenge yang terkenal, terbaru, musik menarik, gerakan enerjik dan sesuai
dengan gerakan yang asli membuat atensi pengguna TikTok ada. Pada indikator
interpretasi, dari 171 responden terdapat 93% responden yang menjawab setuju dan
sangat setuju dari yang diberikan peneliti bahwa pengguna TikTok memiliki
interpretasi dari video Dance Challenge memberikan hal yang positif karena
mengajak untuk bergerak dan ketika ikut membuat video Dance Challenge
responden rata-rata setuju akan menambah skill bergerak dan menambah
kepercayaan diri.
This research is based on the problems of teenagers currently facing Covid-
19 looking for entertainment at home with the TikTok application, especially Dance
Challenge content. The authenticity of other studies that were similar, was found to
have negative perceptual outcomes. This study provides the final result that
provides a positive perception, especially on the Dance Challenge content.This
research aims to determine the appreciatioon of TikTok users watching the Dance
Challenge in the TikTok application. To find out the attention received by the Dance
Challenge video. The research method used is descriptive survey method with the
theory used is perception, adolescents, social media. The population are TikTok
users based on account activeness between December 2019 and June 2020 by using
hashtags #DanceChallengeIndonesia, #DanceIndonesia,
#anysongchallengeindonesia, #dancechallengetiktok on the top accounts. The
sample is determined based on the Slovin formula with a simple random sampling
technique. The samples size obtained was 171 users.
Of the 171 respondents, 89% of the respondents agreed or strongly agreed
with the attention indicators provided by researchers of the famous Dance
Challenge video, e.g. the latest, interesting music, energetic movements and in
accordance with the original movements, proofed TikTok users' appreciation.
Regarding the interpretation indicator, of the 171 respondents 93% of respondents
answered agreed or strongly agreed with the researchers understanding that TikTok
users interpreted of the Dance Challenge video being a positive thing because it
invited to move and the average respondent agreed that when participating in
making a Dance Challenge video will add movement skills and increase selfconfidence.