DETAIL DOCUMENT
PERSEPSI PENGGUNA TIKTOK PADA DANCE CHALLENGE DI APLIKASI TIKTOK
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Jakarta
Author
ANIS SANIA KARTIKA, .
Subject
Psikologi Pendidikan 
Datestamp
2020-09-23 10:29:32 
Abstract :
Penelitian ini berlatar belakang pada permasalahan remaja saat ini yang menghadapi Covid-19 mencari hiburan di rumah dengan aplikasi TikTok khususnya konten Dance Challenge. Keaslian penelitian lain yang serupa, ditemukan memiliki hasil akhir persepsi negatif. Penelitian ini memberikan hasil akhirnya yang memberikan pernyataan persepsi positif terutama pada konten Dance Challenge. Tujuannya adalah untuk mengetahui persepsi pengguna TikTok dengan Dance Challenge di aplikasi TikTok. Untuk mengetahui atensi dari video Dance Challenge. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei deskriptif dengan teori yang digunakan yaitu persepsi, remaja, media sosial. Populasi yang digunakan adalah pengguna TikTok berdasarkan keaktifan akun pada bulan Desember 2019 hingga Juni 2020 dengan menggunakan hastag atau tagar #DanceChallengeIndonesia, #DanceIndonesia, #anysongchallengeindonesia, #dancechallengetiktok pada akun-akun teratasnya. Sampel ditentukan berdasarkan rumus Slovin dengan teknik simple random sampling. Sampel yang diperoleh sebanyak 171 pengguna. Dari 171 responden, terdapat 89% responden yang menjawab setuju dan sangat setuju pada butir indikator atensi yang diberikan oleh peneliti bahwa video Dance Challenge yang terkenal, terbaru, musik menarik, gerakan enerjik dan sesuai dengan gerakan yang asli membuat atensi pengguna TikTok ada. Pada indikator interpretasi, dari 171 responden terdapat 93% responden yang menjawab setuju dan sangat setuju dari yang diberikan peneliti bahwa pengguna TikTok memiliki interpretasi dari video Dance Challenge memberikan hal yang positif karena mengajak untuk bergerak dan ketika ikut membuat video Dance Challenge responden rata-rata setuju akan menambah skill bergerak dan menambah kepercayaan diri. This research is based on the problems of teenagers currently facing Covid- 19 looking for entertainment at home with the TikTok application, especially Dance Challenge content. The authenticity of other studies that were similar, was found to have negative perceptual outcomes. This study provides the final result that provides a positive perception, especially on the Dance Challenge content.This research aims to determine the appreciatioon of TikTok users watching the Dance Challenge in the TikTok application. To find out the attention received by the Dance Challenge video. The research method used is descriptive survey method with the theory used is perception, adolescents, social media. The population are TikTok users based on account activeness between December 2019 and June 2020 by using hashtags #DanceChallengeIndonesia, #DanceIndonesia, #anysongchallengeindonesia, #dancechallengetiktok on the top accounts. The sample is determined based on the Slovin formula with a simple random sampling technique. The samples size obtained was 171 users. Of the 171 respondents, 89% of the respondents agreed or strongly agreed with the attention indicators provided by researchers of the famous Dance Challenge video, e.g. the latest, interesting music, energetic movements and in accordance with the original movements, proofed TikTok users' appreciation. Regarding the interpretation indicator, of the 171 respondents 93% of respondents answered agreed or strongly agreed with the researchers understanding that TikTok users interpreted of the Dance Challenge video being a positive thing because it invited to move and the average respondent agreed that when participating in making a Dance Challenge video will add movement skills and increase selfconfidence. 
Institution Info

Universitas Negeri Jakarta