DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN KELEKATAN TEMAN SEBAYA DENGAN SELF-ESTEEM PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR YANG SEDANG MENGERJAKAN SKRIPSI DI DKI JAKARTA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Jakarta
Author
ADINDA ANINDITA, .
Subject
Psikologi, Ilmu Jiwa 
Datestamp
2020-09-16 11:29:41 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kelekatan teman sebaya dengan self-esteem pada mahasiswa tingkat akhir yang sedang mengerjakan skripsi di DKI Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif. Pengukuran dalam variabel self-esteem menggunakan Rosenberg Self-esteem Scale (1965) yang memiliki reliabilitas 0,866 dan pengukuran dalam variabel Kelekatan Teman Sebaya menggunakan Inventory Parent and Peer Attachment dari Armsden dan Greenberg (1987) serta memiliki reliabilitas 0,919. Teknik sampeling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Hasil penelitian dari 165 responden penelitian menunjukkan bahwa tingkat self-esteem yang didapatkan tergolong dalam kategori self-esteem sedang dan tingkat kelekatan teman sebaya yang di dapatkan tergolong dalam kategori kelekatan teman sebaya tinggi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan signifikansi (p) sebesar 0,000 (p < 0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan pada ketekatan teman sebaya dengan self-esteem pada mahasiswa tingkat akhir yang sedang mengerjakan skripsi di DKI Jakarta. This study aims to identify the relationship between peer attachment and self-esteem of final year student who are working on thesis in DKI Jakarta. The methode of this research is kuantitative. Variable of Self-esteem measured using Rosenberg Self-esteem Scale (1965) with reliability 0,866 and variable of peer attachment measured using Inventory parent and peer attachment (IPPA) from Armsden and Greenberg (1987) with reliability 0,919. The sampling technique used is purposive sampling. The result from 165 respondents showed that the level of self-esteem classified in the level of medium self-esteem category, and level of peer attachment classified in the level of high peer attachment category. The analysis showed that the significance (p) of 0,000 (p < 0,05). The result of this study showed that is a significant relationship between peer attachment and self-esteem of final year student in DKI Jakarta. 
Institution Info

Universitas Negeri Jakarta