DETAIL DOCUMENT
Hubungan Antara Persepsi Mahasiswa Tentang Profesi Guru Dngan Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Jakarta
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Jakarta
Author
FITRIYANA RAHMAWATI, .
Subject
Pendidikan Ekonomi 
Datestamp
2019-11-01 09:00:20 
Abstract :
(reliabel) dan untuk mengetahui apakah terdapat Hubungan Antara Persepsi Mahasiswa Tentang Profesi Guru Dengan Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan terhitung mulai bulan Oktober 2011 sampai dengan bulan Desember 2011. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional, dengan teknik pengambilan sampel yaitu teknik acak sederhana. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program studi pendidikan ekonomi tahun 2008 . Populasi terjangkaunya yaitu mahasiswa pendidikan ekonomi sebanyak 86 mahasiswa. Sampel diambil dari tingkat kesalahan 5% berdasarkan table Issac dari populasi terjangkaunya, yaitu sebanyak 68 mahasiswa. Data Persepsi Tentang Profesi Guru (Variabel X) menggunakan data primer berupa kuesioner, dan untuk Minat Menjadi Guru (Variabel Y) menggunakan data primer berupa kuisioner. Uji persyaratan analisis yang dilakukan adalah dengan mencari persamaan regresi yang didapat ? = 61,767 + 0,369X. selanjutnya adalah uji normalitas galat taksiran regresi atas X diperoleh dengan menggunakan Uji Liliefors dan diperoleh Lhitung = 0,0965 dan Ltabel = 0,1074 pada taraf signifikansi 0,05 maka Lhitung < Ltabel. Hal ini berarti galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. Pengujian hipotesis dengan uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung = 6,64 > Ftabel = 3,99 yang berarti persamaan regresi tersebut signifikan. Uji kelinieran regresi menghasilkan Fhitung = 1,11 < Ftabel = 1,72 sehingga disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut linier. Uji koefisien korelasi Product Moment menghasilkan rxy = 0,302. Selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji-t, hasil yang diperoleh adalah thitung = 2,58 dan ttabel pada dk = n-2 = 68-2 = 66 dan taraf signifikansi 0,05 adalah 1,658, ini berarti thitung = 2,58 > ttabel = 1,658. Ini berarti terdapat hubungan yang signifikan antara variabel X dan Y. Perhitungan koefisien determinasi menghasilkan rxy² = 0,0912 ini menunjukkan bahwa 9,12% minat menjadi guru ditentukan oleh persepsi mahasiswa tentang profesi guru. Kesimpulan penelitian ini terdapat hubungan yang positif antara hubungan antara persepsi mahasiswa tentang profesi guru dengan minat menjadi guru pada mahasiswa program studi pendidikan akuntansi Universitas Negeri Jakarta. 
Institution Info

Universitas Negeri Jakarta