Abstract :
(reliabel) dan untuk mengetahui apakah terdapat Hubungan Antara Persepsi
Mahasiswa Tentang Profesi Guru Dengan Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa
Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan terhitung mulai bulan Oktober 2011
sampai dengan bulan Desember 2011. Metode penelitian yang digunakan adalah
metode survey dengan pendekatan korelasional, dengan teknik pengambilan
sampel yaitu teknik acak sederhana. Populasi penelitian ini adalah seluruh
mahasiswa program studi pendidikan ekonomi tahun 2008 . Populasi
terjangkaunya yaitu mahasiswa pendidikan ekonomi sebanyak 86 mahasiswa.
Sampel diambil dari tingkat kesalahan 5% berdasarkan table Issac dari populasi
terjangkaunya, yaitu sebanyak 68 mahasiswa.
Data Persepsi Tentang Profesi Guru (Variabel X) menggunakan data primer
berupa kuesioner, dan untuk Minat Menjadi Guru (Variabel Y) menggunakan data
primer berupa kuisioner.
Uji persyaratan analisis yang dilakukan adalah dengan mencari persamaan regresi
yang didapat ? = 61,767 + 0,369X. selanjutnya adalah uji normalitas galat
taksiran regresi atas X diperoleh dengan menggunakan Uji Liliefors dan diperoleh
Lhitung = 0,0965 dan Ltabel = 0,1074 pada taraf signifikansi 0,05 maka Lhitung <
Ltabel. Hal ini berarti galat taksiran Y atas X berdistribusi normal.
Pengujian hipotesis dengan uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung = 6,64 >
Ftabel = 3,99 yang berarti persamaan regresi tersebut signifikan. Uji kelinieran
regresi menghasilkan Fhitung = 1,11 < Ftabel = 1,72 sehingga disimpulkan bahwa
persamaan regresi tersebut linier.
Uji koefisien korelasi Product Moment menghasilkan rxy = 0,302. Selanjutnya
dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji-t, hasil yang
diperoleh adalah thitung = 2,58 dan ttabel pada dk = n-2 = 68-2 = 66 dan taraf
signifikansi 0,05 adalah 1,658, ini berarti thitung = 2,58 > ttabel = 1,658. Ini berarti
terdapat hubungan yang signifikan antara variabel X dan Y.
Perhitungan koefisien determinasi menghasilkan rxy² = 0,0912 ini menunjukkan
bahwa 9,12% minat menjadi guru ditentukan oleh persepsi mahasiswa tentang
profesi guru. Kesimpulan penelitian ini terdapat hubungan yang positif antara
hubungan antara persepsi mahasiswa tentang profesi guru dengan minat menjadi
guru pada mahasiswa program studi pendidikan akuntansi Universitas Negeri
Jakarta.