Abstract :
Penelitian dilaksanakan di SDN Rawamangun 01 Pagi, bertujuan
untuk mengetahui informasi dan mendeskripsikan mengenai manajemen
sarana dan prasarana pasca regrouping. Penelitian ini dilaksanakan sejak
bulan Februari 2016 sampai dengan bulan Mei 2016. Pendekatan yang
digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif.
Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi
dokumentasi. Sumber data penelitian ini diperoleh dari informan kunci yaitu
kepala sekolah periode 2015/2016 dan beberapa informan pendukung yaitu
kepala sekolah periode 2016/2017, operator sekolah, dan guru.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan sarana dan
prasarana dilakukan melalui tahapan evaluasi sarana dan prasarana pasca
regrouping, pembagian tugas, penyatuan daftar inventaris sarana dan
prasarana, mengecek kesesuaian data inventaris dengan sarana dan
prasarana yang ada, melakukan analisis kebutuhan, menyusun rencana kerja
yang dimasukkan ke dalam E-RKAS (Sistem Elektronik Rencana Kegiatan
dan Anggaran Sekolah). Dalam penataan sarana dan prasarana meliputi
penempatan ruang kelas, penyatuan ruang guru, ruang perpustakaan, ruang
pramuka, ruang laboratorium komputer, dan ruang penyimpanan media
pembelajaran atau alat peraga. Dalam pemeliharaan sarana dan prasarana
dilakukan secara rutin, berkala, dan incidental. Menciptakan suasana
kondusif dalam kegiatan belajar mengajar, kebersihan, keindahan,
kenyaman, serta sarana dan prasarana siap digunakan ketika dibutuhkan
merupakan tujuan dalam pemeliharaan sarana dan prasarana