DETAIL DOCUMENT
UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IV SDN MANGGARAI 03 PAGI JAKARTA SELATAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Jakarta
Author
CYNDY FIRDANTI, .
Subject
Media Pembelajaran 
Datestamp
2019-11-01 10:18:04 
Abstract :
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan motivasi belajar IPA di kelas IV SDN Manggarai 03 Pagi Jakarta Selatan yang dilaksanakan selama tiga bulan terhitung dari November ? Januari 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc.Taggart yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 kegiatan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi belajar IPA melalui model Problem Based Learning diperoleh persentase rata-rata 70% pada siklus I dan 85% pada siklus II. Sedangkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran model Problem Based Learning memperoleh hasil 80% pada siklus I dan meningkat menjadi 96% pada siklus II. Dari hasil pembelajaran ini menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi belajar IPA. 
Institution Info

Universitas Negeri Jakarta