Abstract :
Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk menggali informasi mengenai
strategi pembelajaran membaca Braille permulaan bagi peserta didik
tunanetra. Subjek dalam penelitian ini yaitu kelas I. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan
dokumentasi dan dianalisis dengan menggunakan model Miles dan
Huberman. Strategi pembelajaran membaca Braille permulaan dilakukan dari
perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukan
kegiatan pembelajaran membaca Braille permulaan dilakukan oleh guru kelas
pada mata pelajaran Bahasa Indonesia secara signifikan mampu
meningkatkan kemampuan Braille peserta didik. Metode pembelajaran yang
digunakan adalah metode drilling. Materi yang diajarkan mengenal huruf
Braille dan membacanya dalam bentuk huruf, suku kata, kata dan kalimat
sederhana. Dalam pelaksanaannya pembelajaran disampaikan secara
individual. Evaluasi dilakukan dalam bentuk penilaian tes dan non tes.