DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR (Eksperimen Terhadap Siswa Kelas V SD di Kelurahan Sepanjang Jaya, Kota Bekasi)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Jakarta
Author
DEASY ARIE ROSALINA, .
Subject
Metode Belajar Mengajar 
Datestamp
2019-11-01 10:59:45 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh metode pembelajaran scientific terhadap minat belajar siswa kelas V SD di kelurahan Sepanjang Jaya, Kota Bekasi, dengan materi pembelajaran waktu dan sudut pada semester I tahun ajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di kelurahan Sepanjang Jaya, Kota Bekasi. Pemilihan sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling. Hasil pemilihan sampel terpilih SDN Sepanjang Jaya VI sebagai sampel penelitian. Kelas V-B dengan jumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas V-A dengan jumlah 30 siswa sebagia kelas kontrol. Pengujian data dilakukan melalui uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif pada penerapan metode pembelajaran scientific terhadap minat belajar siswa kelas V SD di kelurahan Sepanjang Jaya, Kota Bekasi. Oleh sebab itu, sekolah perlu mengembangkan model pembelajaran yang sesuai untuk materi yang diajarkan di kelas sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dan berpengaruh positif terhadap pemahaman konsep matematika siswa. 
Institution Info

Universitas Negeri Jakarta