DETAIL DOCUMENT
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA NOTASI MUSIK MELALUI KEGIATAN BERNYANYI PADA SISWA KELAS III SDN GUNTUR 09 PAGI SETIA BUDI JAKARTA SELATAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Jakarta
Author
Achmad Faisal Puarada, .
Subject
Pendidikan 
Datestamp
2019-10-03 14:21:14 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan membaca notasi musik siswa kelas III melalui kegiatan bernyanyi di SDN Guntur 09 Pagi, Setiabudi Jakarta Selatan. Jumlah 40 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model spiral atau siklus oleh Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi sebagai dasar untuk membuat perencanaan siklus berikutnya. Indikator yang diukur pada penelitian ini yaitu kemampuan membaca notasi musik yang meliputi aspek irama, melodi, ekspresi dan pengkalimatan. Pada siklus I belum terlihat kemampuan dalam membaca notasi,ndikator yang diharapkan pada penelitian ini diharapkan pada penelitian ini belum tercapai. Persentase kemampuan membaca notasi musik siswa pada siklus I 80%. Dengan digunakannya kegiatan bernyanyi, pada siklus II siswa meningkatkan kemampuan membaca notasi musik dengan hasil yang dicapai 95%. Peningkatan yang terjadi dalam peningkatan membaca notasi musik siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 15%. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa kegiatan bernyanyi dapat dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran dalam membaca notasi musik pada siswa kelas III SDN Guntur 09 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan. 
Institution Info

Universitas Negeri Jakarta