Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami penerapan sikap
mandiri pada siswa kelas II di SDIT Segar Amanah Duren Sawit Jakarta
Timur, serta upaya-upaya mencapai keberhasilan dan hambatan, serta
ragam sikap mandiri yang terlihat dalam pelaksanaannya. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif yang mengacu pada naturalistic paradigm
yaitu paradigma alamiah yang bersumber pada pandangan fenomenologis.
Teknik pengumpulan data yang digunakan pengamatan, wawancara, dan
pengumpulan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini menggunakan tiga tahapan: reduksi data, display data, dan
verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kegiatan pembelajaran
sikap mandiri di SDIT Segar Amanah ternyata dibagi menjadi pembelajaran
di dalam kelas dan program eventual tahunan. Upaya guru dalam
menanamkan sikap mandiri: (1) Didasarkan dari prinsip sekolah, landasan
pengajaran yang jelas, dan harapan orang tua siswa; (2) Metode yang
digunakan dalam pembelajaran simple dan tak monoton; (3) Guru sigap
menanggapi keadaan di kelas; (4) penerapan rules dan sistem reward and
punishment di dalam kelas kepada siswa; (5) Guru merespon siswa bila
siswa melakukan kesalahan; (6) Guru menjalin kerja sama dengan orang tua
siswa dengan baik. Faktor pendorong keberhasilan yaitu ada pada pihak
guru, sekolah, dan orang tua murid. Ragam sikap mandiri yang terlihat pada
siswa yaitu: (1) Kemandirian dalam mengurus diri sendiri; (2) Kemandirian
dalam belajar; (3) Kemandirian dalam interaksi sosial