Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakan terdapat pengaruh disiplin
belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar pada mata pelajaran
kearsipan di SMK Hang Tuah 1 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama 8 bulan
terhitung pada bulan April 2017 sampai dengan bulan Desember 2017. Penelitian
ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Hang Tuah 1 Jakarta dengan populasi
terjangkau siswa Administrasi Perkantoran kelas X (sepuluh) yang berjumlah 120
siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik acak proposional,
sehingga didapatkan jumlah sampel penelitian sebanyak 89 responden. Teknik
pengumpulan data menggunakan teknik survey, pencatatan dokumen dan
kuisioner. Untuk mendapatkan data hasil (Y), dilakukan dengan cara menghitung
nilai hasil Ujian Akhir Sekolah mata pelajaran kearsipan semester ganjil.
Kemudian data disiplin belajar (X1) didapatkan dari data yang diberikan oleh guru
dan lingkungan keluarga (X2) didapatkan dari hasil sebaran kuisioner pada
responden. Teknik analisis data yang dilakukan adalah uji persyaratan analisis
yang terdiri atas uji normalitas dan uji linearitas, uji asumsi klasik, uji regresi
linear berganda, uji hipotsis yang terdiri dari uji F dan uji t. berdasarkan hasil
analisis yang didapatkan diketahui terdapat pengaruh parsial antara disiplin belajar
dan lingkungan belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data diketahui bahwa thitung
sebesar 5,974 > nilai ttabel 1,666. Kemudian diketahui terdapat pengaruh yang
parsial antara lingkungan keluarga dan hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil
analisis data diketahui bahwa nilai thitung 3,866 > nilai ttabel 1,666. Disiplin belajar
dan lingkungan keluarga secara bersamaan berpengaruh terhadap hasil belajar, hal
ini terlihat dari hasil data yang menunjukkan nilai Fhitung sebesar 44,180 > Ftabel
3,10. Dengan persamaan regresi yang didapatkan adalah ? = 57,111 + 0,472X1 +
0,089X2. Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 0,507 yang
artinya disipilin belajar (X1) dan disiplin belajar (X2) berpengaruh terhadap hasil
belajar (Y) sebesar 50,7%