DETAIL DOCUMENT
PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA SMK HANG TUAH 1 JAKARTA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Jakarta
Author
TEGUH WAHYU UTOMO, .
Subject
Pendidikan 
Datestamp
2019-11-01 12:15:29 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakan terdapat pengaruh disiplin belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar pada mata pelajaran kearsipan di SMK Hang Tuah 1 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama 8 bulan terhitung pada bulan April 2017 sampai dengan bulan Desember 2017. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Hang Tuah 1 Jakarta dengan populasi terjangkau siswa Administrasi Perkantoran kelas X (sepuluh) yang berjumlah 120 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik acak proposional, sehingga didapatkan jumlah sampel penelitian sebanyak 89 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik survey, pencatatan dokumen dan kuisioner. Untuk mendapatkan data hasil (Y), dilakukan dengan cara menghitung nilai hasil Ujian Akhir Sekolah mata pelajaran kearsipan semester ganjil. Kemudian data disiplin belajar (X1) didapatkan dari data yang diberikan oleh guru dan lingkungan keluarga (X2) didapatkan dari hasil sebaran kuisioner pada responden. Teknik analisis data yang dilakukan adalah uji persyaratan analisis yang terdiri atas uji normalitas dan uji linearitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji hipotsis yang terdiri dari uji F dan uji t. berdasarkan hasil analisis yang didapatkan diketahui terdapat pengaruh parsial antara disiplin belajar dan lingkungan belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data diketahui bahwa thitung sebesar 5,974 > nilai ttabel 1,666. Kemudian diketahui terdapat pengaruh yang parsial antara lingkungan keluarga dan hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data diketahui bahwa nilai thitung 3,866 > nilai ttabel 1,666. Disiplin belajar dan lingkungan keluarga secara bersamaan berpengaruh terhadap hasil belajar, hal ini terlihat dari hasil data yang menunjukkan nilai Fhitung sebesar 44,180 > Ftabel 3,10. Dengan persamaan regresi yang didapatkan adalah ? = 57,111 + 0,472X1 + 0,089X2. Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 0,507 yang artinya disipilin belajar (X1) dan disiplin belajar (X2) berpengaruh terhadap hasil belajar (Y) sebesar 50,7% 
Institution Info

Universitas Negeri Jakarta