Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara model
pembelajaran kontekstual terhadap keterampilan menulis pada siswa SMK Bina
Pangudi Luhur, Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan metode quasi
eksperimen enkuivalen group design. Populasi terjangkaunya adalah siswa Kelas
X Administrasi Perkantoran I dan X Administras Perkantoran II. Teknik
pengambilan menggunakan teknik purposive sampling. Sehingga didapatkan
jumlah sampel 72 responden. Data variabel Y (Keterampilan Menulis) merupakan
data sekunder, Teknik pengumpulan data menggunakan hasil ujian keterampilan
menulis siswa pada materi surat dinas. Teknik analisis data yang dilakukan adalah
uji persyaratan analisis yang terdiri dari uji normalitas dan uji homegenitas, dan
uji hipotesis menggunakan Uji Z.
Menentukan Z tabel dengan uji dua pihak ?/2 = 0.05/2 = 0.025. Luas kurva F(z) =
0.5 ? 0.025 = 0.475. dapat di lihat pada Z tabel, koordinat Z tabelnya = 1.96. Z
tabel merupakan z critical two-tail sebesar 1.96. Berdasarkan tabel tersebut dapat
dilihat Z hitung sebesar -7.741 dan Z tabel uji dua pihak berada pada kisaran -1.95
sampai dengan 1.95 dengan taraf signifikansi sebesar 5%. Z hitung = -7.741 <
Z tabel= -0.196.
Dapat disimpulkan bahwa, terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest
kelas eksperimen dengan nilai pretest kelas kontrol. Karena nilai Z = -7.741,
berada pada daerah penolakan Ho maka tolak Ho. Dengan demikian terdapat
perbedaan keterampilan menulis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada
saat posttest. Jadi, Terdapat pengaruh antara model pembelajaran kontekstual
terhadap keterampilan menulis siswa kelas X SMK Bina Pangudi Luhur Jakarta
Timur.