Institusion
Universitas Negeri Jakarta
Author
VIVI INTANG LUSIANA, .
Subject
Wanita,Pernikahan dan Keluarga
Datestamp
2020-09-11 19:14:04
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga dan
Gaya Belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Administrasi Perpajakan
di SMK Negeri 17 Jakarta.
Penelitian ini dilakukan pada siswa SMK Negeri 17 Jakarta. Populasi penelitian
ini sebanyak 85 siswa kelas XI dan XII SMK Negeri 17 Jakarta jurusan Akuntansi
Keuangan dan Lembaga. Teknik pengambilan sampel menggunakan strata
random sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 85 siswa. Teknik analisis
data yang digunakan adalah uji regresi berganda, uji persyaratan, uji hipotesis, dan
koefisien determinan. Uji regresi berganda menyatakan lingkungan keluarga dan
gaya belajar terhadap hasil belajar berpengaruh positif. Uji persyaratan yang
dilakukan menunjukkan hasil yakni data berdistribusi normal dan linear.
Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa semua hipotesis
diterima. Koefisien determinan pada penelitian ini sebesar 11,1% yang
menunjukkan lingkungan keluarga dan gaya belajar mempengaruhi hasil belajar
sedangkan sisanya dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti. Penelitian ini
dilakukan selama terjadinya pandemi sehingga kemandirian siswa dalam belajar
menjadi tinggi, dikarenakan dalam hal ini siswa termotivasi untuk belajar lebih
mandiri melalui berbagai pembelajaran online yang dapat diakses dengan mudah
melalui smartphone siswa. Hal ini membuat siswa menjadi lebih fleksibel dalam
memperoleh berbagai materi dan pelatihan yang dibutuhkan.
This study aims to determine the effect of the family environment and learning
styles on learning outcomes in the subject of Tax Administration at 17 Jakarta
Vocational High Schools.
This research was conducted on students of 17 Vocational High Schools Jakarta.
The population of this research was 85 students of class XI and XII of 17 Jakarta
State Vocational High School majoring in Financial Accounting and Institutions.
The sampling technique used strata random sampling in order to obtain a sample
of 85 students. The data analysis technique used is multiple regression test,
requirements test, hypothesis test, and determinant coefficient. The multiple
regression test states that the family environment and learning styles have a
positive effect on learning outcomes. The requirements test performed showed the
results, namely the data were normally distributed and linear. Based on the
results of hypothesis testing, it can be concluded that all hypotheses are accepted.
The determinant coefficient in this study is 11.1%, which indicates that the family
environment and learning style affect learning outcomes while the rest is
influenced by other factors not examined. This research was conducted during the
pandemic so that the independence of students in learning is high, because in this
case students are motivated to learn more independently through various online
lessons that can be accessed easily via students' smartphones. This makes students
more flexible in obtaining various materials and training needed.