Abstract :
Transfer pricing adalah harga yang terkandung pada setiap produk atau jasa
dari satu divisi yang di transfer ke divisi yang lain dalam perusahaan yang sama atau
antar perusahaan yang mempunyai hubungan istimewa. Namun seiring
berkembangnya perusahaan semakin banyak perusahaan yang melakukan Transfer
Pricing. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh variabel Beban Pajak,
Tunneling Incentive dan Mekanisme Bonus terhadap Transfer Pricing pada
Perusahaan Manufaktur.
Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur tahun 2014-2016.
Sampel dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 63
unit analisi yang menjadi objek pengamatan. Alat analisis yang digunakan analisis
regresi linear berganda SPSS 21.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa beban pajak berpengaruh negatif
terhadap transfer pricing. Tunneling incentive dan mekanisme bonus tidak
berpengaruh signifikan terhadap transfer pricing.
Simpulan dari penelitian ini yaitu satu persen kenaikan beban pajak akan
menurunkan hasil transfer pricing. Saran untuk peneliti selanjutnya sebaiknya
menggunakan rentan waktu yang lebih lama, diharapkan dengan rentan waktu yang
lebih lama akan memberikan hasil yang lebih baik.