Institusion
Universitas Negeri Jakarta
Author
VITTA FAJRINA GHAISANI, .
Subject
Pendidikan Ekonomi
Datestamp
2019-11-01 14:42:05
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara
lingkungan sekolah dan minat belajar terhadap hasil belajar pengantar ekonomi
dan bisnis pada siswa kelas x administrasi perkantoran di SMK Negeri 25 Jakarta.
Penelitian ini dilakukan selama empat bulan terhitung dari bulan September 2017
sampai dengan Desember 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
survey dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa SMK Negeri 25 Jakarta. Populasi terjangkaunya adalah seluruh
siswa kelas X Administrasi Perkantoran yang berjumlah 72 siswa. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik acak proporsional, sehingga
sampel dalam penelitian ini berjumlah 58 responden. Teknik pengumpulan data
menggunakan teknik pencatatan data, wawancara, dan kuesioner. Untuk
menjaring data hasil belajar (Y) didapatkan dengan memperoleh data sekunder
berupa hasil belajar nilai UAS di semester ganjil, sedangkan lingkungan sekolah
(X1) dan minat belajar (X2) didapatkan dengan cara memberikan kuesioner
kepada responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan
analisis yang terdiri atas uji normalitas dan uji linearitas, uji asumsi klasik, uji
regresi linear berganda, uji hipotesis yang terdiri atas uji F dan uji t, koefisien
determinasi. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa terdapat
pengaruh secara parsial antara lingkungan sekolah dengan hasil belajar. Dapat
dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung 5,997 > nilai ttabel
sebesar 1,67. Minat belajar berpengaruh secara parsial terhadap hasil belajar, hal
ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 3,625 >
dari nilai ttabel sebesar 1,67. Lingkungan sekolah dan minat belajar secara serentak
berpengaruh terhadap hasil belajar, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang
menunjukkan nilai Fhitung sebesar 38,365 > nilai Ftabel 3,17. Persamaan regresi
yang didapat adalah ? = 24,714 + 0,221 X1 + 0,162 X2. Berdasarkan uji koefisien
determinasi diperoleh R2 sebesar 0,582 yang berarti lingkungan sekolah (X1) dan
minat belajar (X2) berpengaruh terhadap hasil belajar (Y) sebesar 58,2%.
Implikasi dari hasil penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa,
maka siswa harus meningkatkan minat belajarnya dan sekolah harus
meningkatkan suasana lingkungan sekolah baik fisik maupun sosialnya. Indikator
lingkungan sekolah yang paling rendah adalah indikator interaksi siswa dengan
staf sekolah. Sedangkan indikator minat belajar yang paling rendah adalah
indikator perhatian.