DETAIL DOCUMENT
PERBEDAAN MOTIVASI BERPRESTASI MAHASISWA DITINJAU DARI SELEKSI MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Jakarta
Author
MANDA SUPRIATI, .
Subject
Psikologi Pendidikan 
Datestamp
2020-09-16 20:03:53 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah: 1) terdapat perbedaan motivasi berprestasi antara kelompok mahasiswa jalur SNMPTN dengan mahasiswa jalur SBMPTN; 2) terdapat perbedaan motivasi berprestasi antara kelompok mahasiswa jalur SBMPTN dengan mahasiswa seleksi Mandiri; 3) terdapat perbedaan motivasi berprestasi antara kelompok mahasiswa jalur SNMPTN dengan mahasiswa seleksi Mandiri; 4) terdapat perbedaan motivasi berprestasi pada mahasiswa ditinjau dari seleksi masuk perguruan tinggi negeri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel penelitian ini berjumlah 214 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik non-probabilitas. Penelitian menggunakan data sekunder, dengan metode pengumpulan data kuesioner. Instrumen yang digunakan adalah skala motivasi berprestasi dari Fachridian (2018) berdasarkan teori McClelland (1987). Analisis statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah Analisis Varians Dua Arah menggunakan IBM SPSS Statistics 24 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) tidak terdapat perbedaan yang signifikan dari motivasi berprestasi antara kelompok mahasiswa jalur SNMPTN dan mahasiswa jalur SBMPTN; 2) tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada motivasi berprestasi antara kelompok mahasiswa jalur SBMPTN dan mahasiswa seleksi Mandiri; 3) tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada motivasi berprestasi antara kelompok mahasiswa jalur SNMPTN dan mahasiswa jalur Mandiri; 4) tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada motivasi berprestasi antara kelompok mahasiswa jalur SNMPTN, mahasiswa jalur SBMPTN, dan mahasiswa seleksi Mandiri. This study aims to determine whether: 1) there is any significant achievement motivation difference of SNMPTN (National Selection of State University Entrance) students and SBMPTN (Joint Selection of State University Entrance) students; 2) there is any significant achievement motivation difference of SBMPTN students and independent selection students; 3)there is any significant achievement motivation difference of SNMPTN students and independent selection students; 4) there is any significant achievement motivation difference based on students? admission selection of state universities. This research uses quantitative method. The sample in this study amounted to 214 respondents.The sampling technique used is non-probability sampling. This study used secondary data, with questionnaire as data collection method. The instrument used achievement motivation scale from Fachridian (2018) based on McClelland?s theory. The statistical analysis used to test the hypothesis is Two-Way Analysis of Variance using IBM SPSS Statistics 24 for windows. The study reveals that: 1) there is no significant achievement motivation difference of SNMPTN students and SBMPTN students; 2) there is no significant achievement motivation difference of SBMPTN students and independent selection students; 3) there is no significant achievement motivation difference of SNMPTN students and independent selection students; 4) there is no significant achievement motivation difference based on students? admission selection of state universities. 
Institution Info

Universitas Negeri Jakarta