DETAIL DOCUMENT
KOSAKATA DAN TATA BAHASA PADA POSTER DEMONSTRASI MAHASISWA 2019 DALAM ANALISIS WACANA KRITIS MENURUT ROGER FOWLER DKK
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Jakarta
Author
ISMAHSARI, .
Subject
Bahasa Indonesia 
Datestamp
2020-09-17 11:17:39 
Abstract :
ABSTRAK: Ismahsari. 2020. Kosakata dan Tata Bahasa Pada Poster Demonstrasi Mahasiswa 2019 Dalam Analisis Wacana Kritis Menurut Roger Fowler Dkk. Skripsi. Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian analisis wacana kritis pada poster demonstrasi mahasiswa 2019 melalui model pendekatan Roger Fowler dkk. berdasarkan teks dan konteks pada poster, ditemukan praktik ideologi dalam poster melalui analisis penggunaan kosakata dan tata bahasa. Metode yang digunakan adalah metode simak dengan teknik pengumpulan data, teknik dokumentasi. Adapun hasil dari penelitia ini, yaitu menghasilkan data pada tingkat kosakata sebanyak 30 data dan pada tingkat tata bahasa sebanyak 28 data. Berdasarkan analisis yang ditemukan pada kosakata membuat klasifikasi, ditemukam data sebanyak 11 data (36,66%), kosakata membatasai pandangan ditemukan data sebanyak 11 data (36,66%), pertarungan wacana ditemukan data sebanyak2 data (6,66%), dan kosakata marginalisasi ditemukan data sebanyak 6 data (20%). Dalam tata bahasa, model transitif ditemukan data sebanyak 6 data (21,42%), model intransitif ditemukan data sebanyak 9 data (32,14%), model ekuatif ditemukan data sebanyak 2 data (7, 14%), model atributif ditemukan data sebanyak 8 data (28,57%), model pasivasi ditemukan data sebanyak 3 data (10,71%), dan pada model nominalisasi ditemukan data sebanyak 0 (0%). Analisis penggunaan kosakata dan tata bahasa berguna untuk mengetahui marginalisasi yang dilakukan terhadap aktor (agen) pada poster demonstrasi mahasiswa 2019. Bentuk marginalisasi tersebut dilakukan melalui penggunaan kosakata dan tata bahasa dalam menggambarkan peristiwa serta aktor yang ada pada poster. Kata Kunci: Analisis Wacana Kritis, Roger Fowler dkk., Poster Demonstrasi Mahasiswa 2019. ABSTRACT: Ismahsari. 2020. The Use of Vocabularies and Grammars on the 2019 Students' Protest Poster. Thesis. Indonesian Literature Study Program, Faculty of Languages and Arts, Jakarta State University. This study aims to conduct a critical discourse analysis of students' protest posters in 2019 using Roger Fowler's method. This research used the observation method with data techniques: documentation techniques, to analyze the ideological practices through the usage of the vocabularies and grammars in the poster. The results showed that there are 30 ideological practices found at the vocabulary level and 28 at the grammar level. At the vocabulary level, there were 11 ideological practices (36.66%) to make classifications, 11 practices (36.66%) to limit point of view, two practices (6.66%) to discourse battle, and six practices (20%) of vocabulary marginalization. At the grammar level, there were six ideological practices (21.42%) classified as the transitive model, nine practices (32.14%) as the intransitive model, two practices (7, 14%) as the equative model, eight practices (28.57%) as the attributive model, three practices (10.71%) as the passivation model, and zero practice (0%) as the nominalization model. This study found that the analysis of vocabulary and grammar usage is useful for seeing the marginalization of actors (agents) on the 2019 students' protest posters. Keywords: Critical Discourse Analysis, Roger Fowler dkk., 2019 Student Demonstration Poster. 
Institution Info

Universitas Negeri Jakarta