DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MEDIA VIDEO TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS V SD DI KELURAHAN TAMANSARI JAKARTA BARAT (Studi Eksperimen di Kelurahan Tamansari)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Jakarta
Author
DINA BUNIA HILMI, .
Subject
Media Pembelajaran 
Datestamp
2019-11-01 16:03:13 
Abstract :
Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas V SD. Populasi penelitian ini adalah siswa SD kelas V di kelurahan Tamansari dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Tamansari 01 Pagi dan SDN Tamansari 03 Pagi Jakarta Barat sebanyak 56 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain posttest only control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan penilaian kinerja dan kemudian dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh nilai thitung=4.699 dan ttabel=1.703 pada dk=27 dan taraf signifikan 0.05 sehingga Hi diterima dan Ho ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video berpengaruh positif terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas V SD. Hasil ini menunjukkan bahwa media video dapat dijadikan sebagai salah satu upaya mengembangkan keterampilan menulis narasi siswa kelas V SD. 
Institution Info

Universitas Negeri Jakarta