DETAIL DOCUMENT
EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) DI KOTA PEKANBARU
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Jakarta
Author
Zulfa Hendri, .
Subject
Aneka Ragam Sejarah dan Teori Sejarah 
Datestamp
2020-09-10 14:42:11 
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran sejarah pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 dan MAN 4 Kota Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode penelitian campuran (mixed methodology). Mixed method menghasilkan fakta yang lebih komprehensif dalam menyelesaikan masalah penelitian, karena peneliti memiliki kebebasan untuk menggunakan semua alat pengumpul data sesuai dengan jenis data yang dibutuhkan. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif yang dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas. Aktivitas dalam analisis data ini meliputi data reduction, data display, and conclusion drawing/ verification. Hasil penelitian ini adalah (1) Evaluasi aspek kualitas pembelajaran di antaranya kinerja guru dalam kelas dengan hasil skor rata-rata 4,49 MAN Kota Pekanbaru, dalam penguasaan materi pembelajaran sejarah dengan skor rata-rata 3,43 MAN Kota Pekanbaru, Pemahaman karateristik siswa dengan skor rata-rata 3,79 MAN Kota Pekanbaru, Penguasaan pengelolaan pembelajaran skor rata-rata 4,14 MAN Kota Pekanbaru, Penguasaan strategi pembelajaran dengan skor rata-rata 3,83 MAN Kota Pekanbaru, Penguasaan penilaian hasil pembelajaran dengan skor rata-rata 3,35 MAN Kota Pekanbaru, Hasil Penilaian pembelajaran sejarah dengan skor rata-rata Nilai Rapor 84,33 MAN Kota Pekanbaru, Hasil penilaian oleh pimpinan sekolah dengan skor rata-rata 4,10 MAN Kota Pekanbaru, Fasilitas pembelajaran skor rata-rata 4,35 MAN Kota Pekanbaru, Iklim kelas dengan skor 3,28 MAN Kota Pekanbaru, Sikap belajar siswa dengan skor rata-rata 3,52 MAN Kota Pekanbaru, Motivasi siswa belajar sejarah skor rata-rata 3,61 MAN Kota Pekanbaru. (2) Evaluasi aspek output pembelajaran diantaranya kecakapan personal dengan hasil skor rata-rata 3,88 MAN Kota Pekanbaru, Kecakapan sosial dengan skor rata-rata 3,89 MAN Kota Pekanbaru, kecakapan akademik rata-rata nilai rapor 84,33 MAN Kota Pekanbaru. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa evaluasi program pembelajaran sejarah pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di Kota Pekanbaru dengan menggunakan model pembelajaran Evaluasi Kualitas dan Output (EKOP) sangat efektif untuk digunakan evaluasi pembelajarn disekolah. 
Institution Info

Universitas Negeri Jakarta