Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil komitmen belajar siswa
kelas VIII di SMP Taruna Bhakti Depok. Sampel dalam penelitian ini adalah
siswa kelas VIII SMP Taruna Bhakti Depok sebanyak 100 orang.
Pengambilan sampel menggunakan teknik incidental sampling. Metode yang
digunakan adalah deskriptif dengan jenis penelitian survey. Pengumpulan
data menggunakan instrumen komitmen belajar. Teknik analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif persentase (%). Hasil
penelitian menunjukkan komitmen belajar siswa kelas VIII SMP Taruna
Bhakti Depok diketahui 10% berada pada kategori rendah, 74% berada
dalam kategori komitmen belajar sedang dan 16% berada dalam kategori
komitmen belajar tinggi. Komitmen belajar siswa keseluruhan tergolong pada
kategori sedang. Secara garis besar siswa memiliki komitmen belajar sedang
menunjukkan aspek achievement motivation dan bonding to school yang tinggi.
Kesimpulan penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Taruna Bhakti cukup
berkomitmen dalam belajar. Implikasi penelitian ini, guru BK dapat
memberikan bimbingan klasikal maupun kelompok, memberikan reward
kepada siswa yang melaksanakan aspek-aspek komitmen belajar