DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PEMBELAJARAN READING, QUESTIONING, ANSWERING (RQA) DAN READING, MAPPING, SHARING (RMS) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP PLANTAE
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Jakarta
Author
NADIA 'AAFIYAH WAHYUASIH, .
Subject
Pendidikan 
Datestamp
2022-10-10 06:45:14 
Abstract :
Tumbuhan (Plantae) sangat penting untuk dipelajari karena memiliki peranan dalam mendukung keberlangsungan makhluk hidup. Pada proses pembelajaran Plantae, pendidik dapat menerapkan teori belajar konstruktivisme. Beberapa pembelajaran yang menerapkan prinsip teori belajar konstruktivisme diantaranya adalah RQA dan RMS. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur penguasaan konsep Plantae peserta didik dan menganalisis pengaruh penerapan pembelajaran RQA dan RMS terhadap penguasaan konsep Plantae. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasy Experiment jenis Non-equivalent pretest posttest Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA SMA Islam Al-Azhar 4 Bekasi. Pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling dan terpilih tiga kelas dengan jumlah 100 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah soal penguasaan konsep Plantae, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan angket respon peserta didik. Kemampuan penguasaan konsep Plantae diukur dengan 50 soal pilihan ganda dengan 5 pilihan jawaban. Uji hipotesis dengan one way annova diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,160 yang menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh pembelajaran RQA dan RMS terhadap penguasaan konsep Plantae. Secara keseluruhan, peningkatan penguasaan konsep Plantae pada kelas RQA dan RMS termasuk dalam kategori rendah dan perlu untuk terus ditingkatkan. Diharapkan adanya penelitian lanjutan pada pembelajaran RQA dan RMS pada materi Plantae terhadap aspek lain selain mengukur penguasaan konsep. Plants (Plantae) are very important to study because they have a role in supporting the survival of living things. In the Plantae learning process, educators can apply constructivist learning theory. Some of the lessons that apply the principles of constructivism learning include RQA and RMS. This study aims to measure students' mastery of the Plantae concept and analyze the effect of the application of RQA and RMS learning on the mastery of the Plantae concept. The research method used is the Quasy Experiment type Non-equivalent pretest posttest Control Design. The population in this study were all students of class X MIPA at SMA Islam Al Azhar 4 Bekasi. Sampling was done by simple random sampling and three classes were selected with a total of 100 students. The instruments used were questions of mastery of the Plantae concept, observation sheets of learning implementation, and student response questionnaires. The ability to master the Plantae concept was measured by 50 multiple choice questions with 5 answer choices. Hypothesis testing with one way annova obtained a significance value of 0.160 which indicates that there is no effect of RQA and RMS learning on mastery of the Plantae concept. Overall, the increased mastery of the Plantae concept in the RQA and RMS classes is in the low category and needs to be continuously improved. It is hoped that there will be further research on learning RQA and RMS on Plantae material on other aspects besides measuring concept mastery. 
Institution Info

Universitas Negeri Jakarta