Abstract :
Abstrak
Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan gambaran pendidikan karakter berbasis
Islam, peran guru, lingkungan, dan hambatan pelaksanaan kegiatan pendidikan karakter
di TK Izzati Bekasi. Metode penelitian fenomenologi dengan teknik pengunpulan data
adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model
Miles dan Huberman. TK Izzati menjalankan pendidikan karakter berbasis Islam
bernama Program Cinta Rosul yaitu proses pembelajaran dalam satu ruangan dengan
melibatkan anak usia 4-6 tahun dan seluruh guru selama 150 menit membaca istighfar,
dzikir, shalawat mengikuti irama lagu. Peran guru sebagai pembimbing seperti
membimbing anak berwudhu, sebagai teladan cara mengucapkan salam yang baik,
sebagai sumber ilmu pengetahuan tentang ciptaan Allah, dan sebagai pembelajar guru
mengamati sikap dan perilaku anak. Anak menjaga kebersihan lingkungan sekolah
dengan membuang sampah pada tempatnya. Bersama-sama membangun lingkungan
sosial yang islami. Hambatan pembelajaran adalah tidak tersedianya area yang
memungkinkan anak bermain bola, dan kompetensi guru kurang memadai yakni guru
tidak memiliki latar belakang pendidikan anak usia dini.
Kata Kunci: pendidikan karakter; Cinta Rosul; Islami.