DETAIL DOCUMENT
HASIL BELAJAR SMASH PADA PERMAINAN BOLAVOLI (Studi Eksperimen Gaya Mengajar dan Kemampuan Motorik)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Jakarta
Author
ABDUL, HALIM
Subject
Pendidikan 
Datestamp
2020-09-10 11:14:51 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari variabel bebas yaitu gaya mengajar dan variabel moderator kemampuan motorik terhadap variabel terikat yaitu hasil belajar smash permainan bolavoli. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode eksperimen dengan rancangan faktorial 2x3. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 04 Sinjai Timur Kabupaten Sinjai. Besar sampel penelitian sebanyak 54 siswa kelas VIII dari 140 siswa kelas VIII. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji Tukey. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) Kelompok gaya mengajar komando (A1) dengan kelompok gaya mengajar self-check (A2) senilai 0,003 < 0,05, berarti h0 ditolak. 2) Perbedaan antara kelompok gaya mengajar komando (A1) dengan kelompok gaya mengajar resiprokal (A3), senilai = 0,007 < 0,05, berarti h0 ditolak. 3) Perbedaan antara kelompok gaya mengajar self-check (A2) dengan kelompok gaya mengajar resiprokal (A3), senilai = 0,006 < 0,05, berarti h0 ditolak. 4) Pengaruh interaksi (interaction effect) f0 (AB) senilai = 0,037 < 0,05 berarti h0 ditolak. 5) Perbedaan hasil belajar smash permainan bolavoli antara gaya mengajar komando dengan kemampuan motorik tinggi dan gaya mengajar self-check dengan kemampuan motorik tinggi (A1B1 dan A2B1) senilai 0,015 < 0,05 berarti h0 ditolak. 6) Perbedaan hasil belajar smash permainan bolavoli antara gaya mengajar komando dengan kemampuan motorik tinggi dan gaya mengajar resiprokal dengan kemampuan motorik tinggi (A1B1 dan A3B1) senilai = 0,008 < 0,05 berarti h0 ditolak. 7) Perbedaan hasil belajar smash permainan bolavoli antara gaya mengajar self-check dengan kemampuan motorik tinggi dan gaya mengajar resiprokal dengan kemampuan motorik tinggi (A2B1 dan A3B1) senilai = 0,009 < 0,05 berarti h0 ditolak. 8) Perbedaan hasil belajar smash permainan bolavoli antara gaya mengajar komando dengan kemampuan motorik rendah dan gaya mengajar self-check dengan kemampuan motorik rendah (A1B2 dan A2B2) senilai = 0,004 < 0,05 berarti h0 ditolak. 9) Perbedaan hasil belajar smash permainan bolavoli antara gaya mengajar komando dengan kemampuan motorik rendah dan gaya mengajar resiprokal dengan kemampuan motorik rendah (A1B2 dan A3B2) senilai = 0,005 < 0,05 berarti h0 ditolak. 10) Perbedaan hasil belajar smash permainan bolavoli antara gaya mengajar self-check dengan kemampuan motorik rendah dan gaya mengajar resiprokal dengan kemampuan motorik rendah (A2B2 dan A3B2) senilai = 0,007 < 0,05 berarti h0 ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh gaya mengajar dan kemampuan motorik terhadap peningkatan hasil belajar smash permainan bola voli. Kata kunci : Hasil Belajar Smash Permainan Bolavoli, Gaya Mengajar dan Kemampuan Motorik. 
Institution Info

Universitas Negeri Jakarta