Abstract :
Penelitian ini dilakukan di SDN Rawamangun 12 Pagi dan SD Islam AtTaubah Pulo Gadung Jakarta Timur yang bertujuan untuk mengetahui
efektivitas penilaian supervisi klinis berbasis web dalam pelaksanaan
pembelajaran di SDN Rawamangun 12 Pagi dan SD Islam At-Taubah Pulo
Gadung Jakarta Timur. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret 2020 hingga
Juli 2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, pengamatan, dan
studi dokumentasi. Sumber dari penelitian ini adalah: Koordinator Pengawas
wilayah binaan I sebagai key informant dan beberapa informan pendukung
antara lain pengawas binaan II dan 3 guru pengguna supervisi klinis berbasis
web di SDN Rawamangun 12 Pagi dan SD Islam At-Taubah Pulo Gadung
Jakarta Timur.
Efektivitas penilaian supervisi klinis berbasis web ini dilakukan oleh
pengawas dan guru. Penelitan ini menunjukan: (1) Efektivitas penilaian silabus
berbasis web sudah dikatakan efektif karena dalam penilaian menggunakan
supervisi klinis berbasis web dari segi waktu guru bisa melihat nilai dengan
lebih cepat tanpa harus bertemu langsung dengan pengawas dan guru bisa
melihat penilaian tanpa batasan waktu, pengawas bisa memberikan nilai kapan
saja, (2) Efektivitas penilaian RPP supervisi klinis berbasis web akan lebih
terstruktur dan lebih efektiv karena memberikan kemudahan bagi guru tidak
sulit untuk mencari dokumen, guru tidak harus membuang-buang kertas untuk
print dan dokumen akan tersimpan lama, penilaian akan menjadi lebih simple
karena instrumen penilaian sudah ada di dalam supervisiklinis.com (3)
Efektivitas penilaian pelaksanaan KBM supervisi klinis berbasis web sangat
efektif karena menggunakan video pembelajaran bisa dilihat kembali atau
meriview, kemudian guru tidak akan merasa grogi atau dinilai oleh pengawas,
pengawas pada saat penilaain bisa lebih cermat karena menggunakan video
pembelajaran yang sudah dibuat oleh guru, lalu tujuan yang ingin dicapai bisa
menunjukan keberhasilan/pencapaian yang ingin diperbaiki.
This research was conducted at SDN Rawamangun 12 Pagi and SD
Islam At-Taubah Pulo Gadung East Jakarta which aims to determine the
effectiveness of web-based clinical supervision assessments in implementing
learning at SDN Rawamangun 12 Pagi and SD Islam At-Taubah Pulo Gadung
East Jakarta. This research was conducted from March 2020 to July 2020. This
research used a qualitative approach with descriptive methods. Data collection
was carried out through interviews, observations, and documentation studies.
Sources of this research are: Supervisory Coordinator for target areas I as key
informant and several supporting informants, including supervisors assisted II
and 3 teachers who use web-based clinical supervision at SDN Rawamangun
12 Pagi and SD Islam At-Taubah Pulo Gadung East Jakarta.
The effectiveness of this web-based clinical supervision assessment is
carried out by supervisors and teachers. This research shows: (1) The
effectiveness of web-based syllabus assessments has been said to be effective
because in the assessment using web-based clinical supervision in terms of
time the teacher can see the value more quickly without having to meet directly
with the supervisor and the teacher can see the assessment without a time
limit, the supervisor can give grades at any time, (2) The effectiveness of the
assessment of web-based clinical supervision lesson plans will be more
structured and more effective because it makes it easy for teachers to find
documents, teachers do not have to waste paper to print and documents will
be stored for a long time, the assessment will become it is simpler because the
assessment instrument is already in supervisiklinis.com (3) The effectiveness
of the assessment of the implementation of web-based clinical supervision
teaching and learning is very effective because using learning videos can be
reviewed or reviewed, then the teacher will not feel nervous or judged by
supervisors, supervisors at the time of assessment can be more accurate curry
na using learning videos that have been made by the teacher, then the goals
to be achieved can show the success / achievements that you want to improve.