DETAIL DOCUMENT
PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBANGUN BUDAYA KEWIRAUSAHAAN DI SMA NEGERI 1 BOGOR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Jakarta
Author
TIARA RAFINDA IHZA, .
Subject
Pendidikan, Riset Penelitian Bisnis 
Datestamp
2020-09-11 17:12:54 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pelaksanaan peran kepala sekolah dalam membangun budaya kewirausahaan di SMAN 1 Bogor menggunakan metode penelitian dekriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi atau pengamatan dan studi dokumentasi. Informan dalam penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan guru. Data yang terkumpul dianalisis melalui koding dan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data, digunakan triangulasi sumber, metode dan teori. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepala sekolah berperan dalam membangun budaya kewirausahaan di sekolah. (1) Peran kepala sekolah dalam membangun sikap inovatif dalam pengelolaan sekolah dilakukan dengan merumuskan program KOPI MANIS (Komunikasi Persuasif dan Pemantauan Humanis) sebagai upaya meningkatkan mutu sekolah berkarakter dan berprestasi; (2) Peran kepala sekolah dalam menumbuhkan sikap kemandirian sekolah melalui kegiatan ekstrakulikuler, tata tertib sekolah dan program kerja sekolah sehat berkarakter (religius, nasionalis, integritas, mandiri dan gotong royong); (3) Peran kepala sekolah dalam membangun sikap peka terhadap pasar dalam kegiatan kewirausahaan yaitu dengan adanya unit produksi atau jasa berupa kegiatan market day dan koperasi siswa (Kopsis SMANSA) yang dikelola oleh divisi OSIS SMAN 1 Bogor bidang kewirausahaan. Jenis aktivitas dasar kewirausahaan yang terdapat di SMAN 1 Bogor meliputi kegiatan produksi, konsumsi dan distribusi. Kata Kunci: Peran Kepala Sekolah, Inovatif, Kemandirian dan Peka Terhadap Pasar This research aims to describe the implementation of school principals roles in building an entrepreneurial culture at SMAN 1 Bogor. This research method used is decriptive, with data collection techniques used for this research are interviews, observations, and study documentation. The informants are principals, vice principal of curriculum, and subject teacher. The collected data are analyzed through coding and data reduction, data presentation and conclusion drawing. To test the validity of the data, triangulation of sources, methods, and theories are used. The results showed that school principals has roles in building an entrepreneurial culture at school. (1) the role of school principals in building innovation in school management with KOPI MANIS (Komunikasi Persuasif dan Pemantauan Humanis) Program as an effort to improve school quality of character and achievement. (2) the role of school principals in building self-confident attitude through extracurricular activities, school rules and sekolah sehat berkarakter program (religious, nationalist, integrity, independent and cooperative). (3) the role of school principals in building marketing sensitivity with Market Day and Koperasi Siswa (KOPSIS SMANSA) managed by entrepreneurship division of student council SMAN 1 Bogor. Basic types of entrepreneurship activities at SMAN 1 Bogor included production, consumption and distribution activities Keywords: the role of school principals, innovation, self-confident, and marketing sensitivity 
Institution Info

Universitas Negeri Jakarta