DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PAPAN FLANEL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USI 5-6 TAHUN DI TK AL-KHAIRIYAH RAWAJATI BARAT I KELURAHAN RAWAJATI, KECAMATAN PANCORAN, JAKARTA SELATAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Jakarta
Author
SAIDAH, .
Subject
Pendidikan 
Datestamp
2020-09-11 13:45:47 
Abstract :
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data mengenai pengaruh media papan flanel terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5 ? 6 tahun di TK AL-KHAIRIYAH Rawajati Barat I Kelurahan Rawajati, Jakarta Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode True Experimental Design dalam bentuk Teknik dua grup dengan pre-test dan post-test dan mengumpulkan data dengan instrumen observasi (ceklis). Teknik analisis penelitian menggunakan uji normalitas. Teknik pengujian hipotesis menggunakan Uji-t. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t diperoleh harga thitung 1 = 14,94; thitung 2 = 7,91; thitung 3 = 8,42 dan harga ttabel = 1,701 dengan dk = 28 pada taraf signifikan = 0,05 yang artinya hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media papan flanel berpengaruh positif terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun. Media papan flanel dapat dijadikan salah satu alternatif kegiatan pembelajaran membaca permulaan, sehingga anak dapat lebih memahami dengan cara yang konkrit dan menyenangkan. Kata Kunci : Media Papan Flanel, Kemampuan Membaca Permulaan. ABSTRACT This study aims to obtain data on the effect of flannel board media to the ability to read starting children 5-6 years old children?s studies on TK AL-KHAIRIYAH Rawajati West I Kelurahan Rawajati. The design of research is True Experimental Design and the form of design is Two Group with Pre-Test and Post-Test Design and the data collected with observation instrument (check list). The study analysis tested with normality technique. T-test used for the study hypotesis. Based on the t-test for the hypotesys study, thitung 1 = 14,94; thitung 2 = 7,91; thitung 3 = 8,42 and ttabel = 1,701 with dk = 28 at a significant level ? = 0,05 with conclude H0 rejected and H1 accepted. This result of this study indicate of the flannel board had positive effect on the initial reading ability of children 5-6 years old. The Media of the flannel board can be used as an alternative learning start reading, so that the child can better understand in a concrete and fun way. Keywords: Flannel board Media, beginning reading ability. 
Institution Info

Universitas Negeri Jakarta