Abstract :
Eksistensi manusia di bumi ini tidak pernah lepas dari segala
bentuk aktivitasnya. Semua aktivitasnya senantiasa berinteraksi dengan
lingkungan tempat mereka berada. Dalam melaksanakan aktivitasnya, ada
manusia yang mengambil sesuatu atau memberikan sesuatu pada
lingkungannya dan ada juga manusia yang merusak lingkungannya
sendiri. Masalah lingkungan yang ada pada saat ini adalah kebutuhan
manusia yang terus meningkat selaras dengan perkembangan ilmu,
teknologi, gaya hidup dan perkembangan zaman. Tujuan penelitian ini
untuk mengetahui bagaimana penerapan Pendidikan Lingkungan Hidup
dalam Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII, VIII dan
IX Kurikulum 2013 Kemendikbud. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah pengolahan data kualitatif, yaitu data digambarkan
dengan kata- kata yang dipisah ?pisah menurut kategori untuk
memperoleh kesimpulan. Untuk data kualitatif ini akan dianalisis dengan
deskriptif analitik yaitu usaha mengumpulkan dan menyusun suatu data
diusahakan ada analisis dan interpretasi data tersebut. Dan mengunakan
data analisis isi (content analiysis). Dengan mengunakan metode diatas
peneliti ini dapat memberikan beberapa kesimpulan bahwa buku ajar
Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti kurikulum 2013 telah memuat
nilai Pendidikan Lingkungan Hidup. Nilai Pendidikan Lingkungan Hidup
yang termuat dalam buku ajar PAI dan Budi Pekerti mencakup definisi
lingkungan hidup. Contoh penerapan lingkungan hidup dan pencegahan
kerusakan lingkungan.