Institusion
Universitas Negeri Jakarta
Author
TAUFIQ FATURRAHMAN HIDAYAT, .
Subject
Bimbingan dan Konseling
Datestamp
2020-09-11 15:20:51
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik pengaruh teknik storywriting
(menulis cerita) dalam konseling kelompok naratif dalam mengembangkan literasi
emosi remaja di kelas XI SMK Muhammadiyah 6 Jakarta. Metode penelitian yang
digunakan adalah eksperimen dengan two group pretest-posttest with control group
design. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan random
assignment. Kelompok eksperimen dan kelompok kontrol terdiri dari 5 responden.
Instrumen yang digunakan adalah instrumen adaptasi dari Emotional Intelligence
Questionnaire 16 (EIQ16). Instrumen asli EIQ16 dikembangkan oleh Mayer dan
Salovey (Reyes, Brackett, Rivers, Elbertson, & Salovey, 2012). Instrumen adaptasi
EIQ16 terdiri dari 36 butir valid dengan reliabilitas menggunakan cronbach?s alpha
sebesar 0,920. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan Mann
Whitney U Test. Hasil uji hipotesis melalui program SPSS 16.0 for windows
menunjukan bahwa nilai Asymp sig sebesar 0.008, yang berarti lebih kecil dari nilai
signifikansi ? 0.05. Dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yaitu teknik
storywriting (menulis cerita) teruji secara meyakinkan berpengaruh dalam
mengembangkan literasi emosi remaja di kelas XI SMK Muhammadiyah 6 Jakarta.
Efektivitas teknik storywriting (menulis cerita) diuji melalui Uji N Gain Score dan
diperoleh hasil sebesar 0.61 atau 61,2381% yang menunjukan tingkat keefektifan
sedang atau cukup.
Kata Kunci: Literasi emosi, teknik storywriting (menulis cerita), konseling kelompok
naratif, remaja.
This research aims to empirically examine the influence of storywriting techniques
in narrative group counseling in developing adolescent emotional literacy in the XI
class of SMK Muhammadiyah 6 Jakarta. The research method used is
experimentation with two group pretest-posttest with control group design. The
sampling techniques used are purposive sampling and random assignment. The
experiment Group and the control group consist of 5 respondents. The instrument
used is the instrument adaptation of Emotional Intelligence Questionnaire 16
(EIQ16). The original instrument EIQ16 was developed by Mayer and Salovey
(Reyes, Brackett, Rivers, Elbertson, & Salovey, 2012). The EIQ16 adaptation
instrument consists of 36 valid items with a reliability using Cronbach's alpha of
0.920. Data analysis techniques for testing hypotheses using Mann Whitney U Test.
Hypothesis test results through SPSS 16.0 for Windows program showed that the
value of Asymp sig amounted to 0.008, which means less than the significance of ?
0.05 values. It can be concluded that H0 rejected and H1 accepted, that is,
storywriting technique is tested convincingly influential in developing adolescent
emotion literacy in class XI SMK Muhammadiyah 6 Jakarta. The effectiveness of
storywriting techniques is tested through test N Gain Score and is achieved by 0.61
or 61.2381% of the effectiveness that shows moderate or adequate levels of
efficacy.
Keywords: emotional literacy, storywriting techniques (writing stories), narrative
group counseling, teenagers.