DETAIL DOCUMENT
PEMBENTUKAN PERILAKU SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN PADA MASA TRANSISI DARI RUMAH KE SEKOLAH (Studi Kasus di TK Al Hidayah Jambi)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Jakarta
Author
SRI UTAMI NINGRUM, .
Subject
Teori, Penelitian Pendidikan 
Datestamp
2024-10-03 22:55:39 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengamati pembentukan perilaku sosial anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Al Hidayah Jambi. Adapun hal yang diamati: (1) Lingkungan sekolah. (2) Bentuk perilaku sosial anak usia 5-6 tahun. (3) Kontribusi orangtua pada proses pembentukan perilaku sosial anak usia 5-6 tahun. (4) Kontribusi guru pada proses pembentukan perilaku sosial anak usia 5-6 tahun. Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data model spiral. Data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bentuk perilaku sosial anak berkaitan dengan social humanity yaitu berbagi, tanggung jawab, Kerjasama dan empati. Adapun proses pembentukan perilaku ini yaitu didukung oleh pengaturan lingkungan sekolah, kemudian melalui team work social dengan social behavior habituation sehingga guru dan orangtua bekerjasama dalam proses pembentukan perilaku sosial tersebut. Guru merupakan model utama yang di contoh oleh anak dalam berperilaku sosial selama berada di lingkungan sekolah. Selama masa transisi dari rumah ke sekolah kontribusi guru dalam pembentukan perilaku sosial melalui kegiatan rutinitas dan menerapkan perilaku sosial positif dalam kehidupn sehari-hari di sekolah dengan mengintegrasikan nilai-nilai sosial dalam pembelajaran. Orangtua merupakan lingkungan pertama bagi anak dalam memberikan pemahaman dan pembiasaan pada proses pembentukan perilaku sosial di rumah. Kata Kunci: Perilaku Sosial; Transisi, Anak Usia Dini, Orangtua. *********** This study aims to observe the formation of social behavior of children aged 5-6 years at Al Hidayah Kindergarten Jambi: (1) The school environment. (2) Forms of social behavior of children aged 5-6 years. (3) Parents' contribution to the process of forming social behavior of children aged 5-6 years. (4) The teacher's contribution to the process of shaping the social behavior of children aged 5-6 years. The method in this research is a qualitative method with a case study approach. The data analysis used is the spiral model data analysis. This research data was obtained from observations, interviews and documentation. The results of this study indicate that the form of children's social behavior related to social humanity is sharing, responsibility, cooperation and empathy. The process of forming this behavior is supported by the school environment, then through social team work with social behavior habituation so that teachers and parents work together in the process of forming social behavior. The teacher is the main model that is modeled by children in social behavior while in the school environment. During the transition period from home to school, the teacher's contribution to the formation of social behavior through routine activities and applying positive social behavior in daily life in the school. Keywords: Social Behavior; Transition, Early Childhood, Parents. 
Institution Info

Universitas Negeri Jakarta