DETAIL DOCUMENT
PERSEPSI ORANG TUA TERHADAP PEMBELAJARAN BERBASIS DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI RW 04 KELURAHAN PONDOK BAMBU JAKARTA TIMUR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Jakarta
Author
ASY SYAFA RAMADINA, .
Subject
Evaluasi Pendidikan 
Datestamp
2024-10-03 23:01:45 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah selama pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di RW 04 Kelurahan Pondok Bambu Jakarta Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi deskriptif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data yaitu dengan melakukan wawancara lapangan dan dokumentasi sebagai data pendukung yang dilakukan oleh peneliti kepada responden warga RW 04. Serta menggunakan teknik purposive sampling dengan menetapkan kriteria dalam menentukan responden penelitian. Orang tua memiliki persepsi terhadap pembelajaran daring ini dan sangat berperan penting pada pendidikan dan pembelajaran anak pada masa pandemi covid-19. Peran orang tua disini sangat penting dan dibutuhan, yang dimana pada tahun 2019-2021 merupakan tahun yang sangat berat bagi masyarakat di seluruh belahan dunia khususnya di Indonesia, terjadinya perubahan dalam struktur masyarakat seperti adanya perubahan pada kegiatan di luar rumah yang termasuk salah satunya pada dunia Pendidikan. Hasil penelitian yang dilakukan di RW 04 ini menunjukkan bahwa terdapat data lapangan yang berupa adanya persepsi orang tua khususnya ibu-ibu yang pro dan kontra terhadap pembelajaran berbasis daring ini. Ada orang tua yang mengalami kendala dalam mendampingi anak belajar seperti kurang paham media yang digunakan dalam pembelajaran, ada pula orang tua yang dapat mendampingi anak belajar dengan baik. Namun, orang tua yang memiliki hambatan terhadap penggunaan media tersebut memiliki usaha untuk terus berusaha menggali informasi bagaimana tutorial pada penggunaan media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran daring ini. Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Daring, Covid-19, Persepsi, Orang Tua ***** This research aims to find out how the perception of parents in accompanying children to study at home during online learning during the covid-19 pandemic at RW 04 Pondok Bambu Village, East Jakarta. The method used in this research is descriptive study using a qualitative descriptive approach, data collection techniques, namely by conducting field interviews and documentation as supporting data carried out by researchers to respondents of RW 04 residents. As well as using purposive sampling techniques by setting criteria in determining research respondents. Parents have a perception of this online learning and play a very important role in children's education and learning during the covid-19 pandemic. The role of parents here is very important and needed, which in 2019-2021 is a very difficult year for people in all parts of the world, especially in Indonesia, changes in the structure of society such as changes in activities outside the home which is one of them in the world of education. The results of the research conducted at RW 04 show that there is field data in the form of the perception of parents, especially mothers who are pros and cons of this online-based learning. There are parents who experience problems in accompanying children to learn, such as not understanding the media used in learning, there are also parents who can accompany children to learn well. However, parents who have obstacles to the use of the media have an effort to continue trying to explore information on how tutorials on the use of learning media are used in this online learning. Keywords: Online-Based Learning, Covid-19, Perception, Parents 
Institution Info

Universitas Negeri Jakarta