Institusion
Universitas Negeri Jakarta
Author
DHIYA ULHAQ TINO PUTRI, .
Subject
Evaluasi Pendidikan
Datestamp
2024-10-04 04:33:17
Abstract :
Penelitian ini betujuan untuk mengetahui secara empirik hubungan antara kecerdasan sosial dengan sikap kepedulian siswa kelas V di SDN Kecamatan Pulo Gadung, Jakarta Timur. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 120 siswa dari SDN Rawamangun 12. Teknik yang digunakan untuk memilih sampel ini adala Simple Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian inni berbentuk angket untuk variabel X dan variabel Y. Data tersebut kemudian di olah dan dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan perhitungan uji-t memeroleh hasil thitung > ttabel (7,308 > 1,980), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kecerdasan sosial dengan sikap kepedulian siswa SD Negeri Kecamatan Pulo Gadung, Jakarta Timur. Kontribusi paling signifikan diberikan oleh variabel kecerdasan sosial terhadap variabel sikap kepedulian siswa sebesar 31,2%, sedangkan 68,8% lainnya dipengaruhi oleh variabel independen lainnya.
Kata Kunci : kecerdasan sosial, sikap kepedulian siswa
*****
The purpose of this study was to empirically determine the relationship between social intelligence and caring attitudes of fifth grade students in SDN Kecamatan Pulo Gadung, East Jakarta. The sample used in this study amounted to 120 students from SDN Rawamangun 12. The technique used to select this sample was Simple Random Sampling. The instruments used in this study were questionnaires for variable X and variable Y. The data obtained were then processed and analyzed using the t-test. Based on the calculation of the t-test, the results obtained tcount > ttable (7.308 > 1.980), so it can be concluded that there is a positive relationship between social intelligence and students caring attitudes of public elementary school students in Kecamatan Pulo Gadung, East Jakarta. The most significant contribution is given by the social intelligence variable to the student's caring attitude variable by 31.2%, while the other 68.8% is influenced by other independent variables.
Keywords : social intelligence, students caring attitude