Institusion
Universitas Negeri Jakarta
Author
MUHAMMAD FADLI, .
Subject
Teori, Penelitian Pendidikan
Datestamp
2024-12-02 01:24:40
Abstract :
Perkembangan teknologi saat ini berkembang dengan cepat, sehingga berdampak luas ke berbagai bidang, termasuk pendidikan. Pemanfaatan teknologi akan mempermudah peserta didik dalam proses pembelajaran, karena berbagai perangkat digital yang mudah diakses dalam konteks pengajaran dan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Modul Digital berbasis Science, Environment, Technology, and Society (SETS) pada Materi Energi Terbarukan. Metode dalam penelitian ini menggunakan model research and development dengan model pengembangan ADDIE. Adapun langkah-langkahnya adalah analisis kebutuhan, desain produk, pengembangan produk, implementasi uji coba produk, dan evaluasi
produk. Berdasarkan hasil uji validitas yang dilakukan oleh tiga orang ahli, diperoleh rata-rata nilai sebesar 95% dengan interpretasi sangat valid. Modul digital juga diujicobakan dalam skala kecil kepada peserta didik dengan mendapatkan hasil skor tanggapan peserta didik mendapat nilai sebesar 87,7% dengan interpretasi sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Modul Digital berbasis Science, Environment, Technology, and Society (SETS) pada Materi Energi Terbarukan sangat valid dan baik untuk digunakan sebagai media pembelajaran fisika.
****
The development of technology is currently growing rapidly, so that it has a broad impact in various fields, including the field of education. The use of technology will facilitate students in the learning process, because various digital devices are easily accessible in the context of teaching and learning. This research aims to develop a Science, Environment, Technology, and Society (SETS) based digital module on renewable energy material. The method in this research uses the Research and Development model with the ADDIE development model. The steps are needs analysis, product design, product development, trial implementation, and product evaluation. Based on the results of the validity test conducted by three experts, an average score of 95% was obtained with a very valid interpretation. The digital module was also tested on a small scale to students by getting a student response score of 87.7% with a very good interpretation. Thus, it can be concluded that the Science, Environment, Technology, and Society (SETS) based digital module on renewable energy material is very valid and good to use as a physics learning media.